MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK A PAUD MUTIARA HATI KOTA MATARAM

NURFAD, NIATI (2022) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK A PAUD MUTIARA HATI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP NURFADNIATI FIXX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan media boneka tangan pada anak kelompok A Paud Mutiara Hati Kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini yakni 10 orang anak kelompok A dan 1 orang guru. Diketahui dari hasil observasi keterampilan berbicara anak belum meningkat disebabkan karena kurangnya stimulus dan media yang menarik sehingga anak tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Adapun hasil penelitian setelah melakukan kegiatan penerapan media boneka tangan pada siklus I mendapatkan skor 23 dengan persentase 57,5% termasuk kategori baik yang kemudian meningkat pada siklus II dengan skor 36 dengan persentase sejumlah 90% termasuk kategori sangat baik. Dengan meningkatnya penerapan media boneka tangan membuat keterampilan berbicara anak pada pada siklus I mendapatkan skor 272,5 dengan presentase 61,9% termasuk kategori baik dan meningkat pada siklus II mencapai skor 378 dengan presentase 85,9% dengan kategori sangat baik sehingga sudah mencapai presentase keberhasilan yaitu 85%. Dengan capaian persentase pada siklus II menyatakan bahwa penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A Paud Mutiara Hati Mataram. Peningkatan yang terjadi dikarenakan perbaikan dari proses penerapan media boneka tangan oleh guru yang terlaksana dengan sangat baik sehingga keterampilan berbicara anak semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): keterampilan berbicara, media boneka tangan, Paud Mutiara Hati.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 23:29
Last Modified: 16 Nov 2022 23:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33197

Actions (login required)

View Item View Item