PENGARUH PENAMBAHAN AGREGAT KASAR BUATAN BERBAHAN DASAR FLY ASH SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT KASAR ALAMI UNTUK PERKERASAN KAKU

Sirtul, laili (2022) PENGARUH PENAMBAHAN AGREGAT KASAR BUATAN BERBAHAN DASAR FLY ASH SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT KASAR ALAMI UNTUK PERKERASAN KAKU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SIRTULLAILI (F1A018096) FIX eli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan beton untuk konstruksi bangunan dalam skala besar, harus ditunjang dengan penyediaan agregat sebagai bahan utama. Kebutuhan agregat (dari batuan alam) perlu diperhatikan, mengingat ketersediaannya akan semakin berkurang, sehingga tidak menjadi penghambat laju pembangunan infrastruktur. Melimpahnya produk limbah batu bara khususnya di PLTU Jeranjang, maka penggunaan agregat buatan berbahan fly ash solusi menggantikan agregat alam menjadi aternatif yang strategis dan potensial. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penambahan agregat kasar buatan berbahan dasar fly ash pada campuran beton terhadap kuat tekan dan kuat lentur serta menghitung berapa komposisi campuran beton dari variasi kandungan agregat buatan untuk menghasilkan beton dengan kuat tekan dan kuat lentur yang optimum pada perkerasan kaku. Pada penelitian ini, pembuatan agregat kasar buatan menggunakan perbandingan fly ash dengan alkali aktivator sebesar 60%:40%. Sampel beton dibuat dengan variasi komposisi agregat kasar buatan yaitu 0%, 25%, 50% dan 75%. Benda uji pada penelitian ini berbentuk silinder diameter 15 cm x 30 cm untuk uji kuat tekan dan benda uji berbentuk balok dengan dimensi 50 cm x 15 cm x 15 cm untuk uji kuat lentur, kemudian dilakukan pengujian pada benda uji setelah berumur 28 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penambahan agregat kasar buatan dengan penambahan proporsi menghasilkan nilai kuat tekan dan kuat lentur yang mengalami penurunan dengan penambahan proporsi. Variasi 0% dan 25% agregat kasar buatan memenuhi syarat Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 Devisi 7 kuat tekan rencana 25 MPa dengan kuat tekan yang tercapai sebesar 35,78 MPa dan 25,80 MPa, sementara variasi penambahan agregat kasar buatan 50% dan 75% belum memenuhi syarat. Sedangkan nilai kuat lentur variasi 25%, 50% dan 75% belum memenuhi Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 yaitu kuat lentur minimum 4,5 MPa dengan nilai kuat lentur sebesar 4,31 MPa, 3,49 MPa dan 3,22 MPa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Agregat buatan, fly ash, alkali aktivator, kuat tekan dan kuat lentur.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2022 00:23
Last Modified: 17 Nov 2022 00:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33204

Actions (login required)

View Item View Item