BUBUS KALUQ-ALUQ SEBAGAI ALTERNATIF PENGOBATAN TRADISIONAL UNTUK AMAR (PENYAKIT) BAYI DI DESA SAKRA SELATAN KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

SITI, SOLEHA (2022) BUBUS KALUQ-ALUQ SEBAGAI ALTERNATIF PENGOBATAN TRADISIONAL UNTUK AMAR (PENYAKIT) BAYI DI DESA SAKRA SELATAN KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI SOLEHA E1S017085 (doc).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bentuk amar (Penyakit) bayi yang dapat diobati dengan bubus kaluq-aluq, (2) mengetahui bahan-bahan yang digunakan belian dalam pembuatan bubus kaluq-aluq untuk amar (penyakit) bayi, (3) mengetahui cara belian dalam pembuatan bubus kaluq-aluq untuk amar (penyakit) bayi, (4) mengetahui cara penggunaan bubus kaluq-aluq untuk amar (penyakit) bayi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Jenis data penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk amar (penyakit) bayi adalah amar grenggeng (gizi buruk), amar godek (lanugo), dan amar kao (diare) (2) bahan yang digunakan belian dalam pembuatan bubus kaluq-aluq yaitu beras, biang kunyit, kencur, adas, daun jarak, bikan, daun beringin, daun jonjoq, daun kemangi, tunas pisang yang baru tumbuh, dan air bekas peraq api. (3) cara pembuatan bubus kaluq-aluq adalah dengan menggilas bubus potek dan bubus koning secara bertahap, pemberian mantra oleh belian, membentuk kedua bubus secara terpisah kemudian dijemur, dan terakhir pembuatan sembeq oleh belian. (4) cara penggunaan bubus kaluq- aluq untuk amar (penyakit) bayi adalah mencampurkan air dengan bubus kaluq- aluq di mangkok, kemudian minumkan dan balurkan ke seluruh tubuh bayi, lalu diberikan sembeq.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengobatan Tradisional, Bubus Kaluq-Aluq, Amar (Penyakit) Bayi
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2022 00:23
Last Modified: 17 Nov 2022 00:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33205

Actions (login required)

View Item View Item