PENGARUH PENGGANTIAN AGREGAT ALAM DENGAN AGREGAT BUATAN BERBASIS FLY ASH TERHADAP KARAKTERISTIK VOLUMETRIK DAN MEKANIK CAMPURAN ASPAL AC-WC

Nurul Fadhillah, Oktaviani (2022) PENGARUH PENGGANTIAN AGREGAT ALAM DENGAN AGREGAT BUATAN BERBASIS FLY ASH TERHADAP KARAKTERISTIK VOLUMETRIK DAN MEKANIK CAMPURAN ASPAL AC-WC. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR NURUL FADHILLAH OKTAVIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Agregat merupakan komponen utama dari campuran aspal panas (hotmix). Seiring meningkatnya kebutuhan material konstruksi untuk perkerasan jalan, terjadi eksploitasi agregat yang berlebih. Maka kemungkinan agregat di alam semakin berkurang. Agregat buatan berbahan dasar fly ash berupa geopolimer dapat menjadi salah satu alternatif bahan konstruksi jalan. Fly ash merupakan limbah pembakaran batu bara di pembangkit listrik atau industri lainnya. Jumlah fly ash yang melimpah dan tingkat pemanfaatan yang masih kurang, merupakan alasan penggunaan agregat buatan sebagai pengganti agregat alam pada aspal hotmix. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh agregat buatan terhadap karakteristik volumetrik dan mekanik campuran AC-WC. Sampel aspal hotmix dibuat 5 variasi penggantian agregat, yaitu tanpa agregat buatan (0% AB) dan 4 variasi lainnya dengan agregat buatan 25% AB; 50% AB; 75% AB; dan 100% AB. Masing masing dibuat dengan kadar aspal rencana (Pb) untuk mencari variasi penggantian agregat buatan yang terbaik. Dari hasil pengujian didapatkan variasi penggantian agregat buatan yang memenuhi Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 adalah 0% AB dan 25% AB. Kemudian dibuat campuran untuk mencari Kadar Aspal Optimum dengan variasi penggantian agregat buatan terbaik tersebut, yaitu 25% AB. Dari hasil penelitian didapat KAO sebesar 6% dengan karakteristik volumetrik campuran yaitu, nilai rerata VMA 16.24%; VIM 3.21% dan VFB 80.30%. Sedangkan untuk karakteristik mekanik campuran yaitu, nilai rerata Stabilitas 3479.65 kg; Flow 3.86 mm; dan MQ 900.78 kg/mm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Agregat Buatan, Campuran AC-WC, Fly ash, Geopolimer, Kadar Aspal Optimum.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2022 00:23
Last Modified: 17 Nov 2022 00:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33206

Actions (login required)

View Item View Item