ANALISIS PENGARUH PERBEDAAN JENIS KELAMIN DALAM PERILAKU BERKENDARA BAGI PENGEMUDI TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA MATARAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEM

RIDHO CAHYA, PUTRA DEWANTO (2022) ANALISIS PENGARUH PERBEDAAN JENIS KELAMIN DALAM PERILAKU BERKENDARA BAGI PENGEMUDI TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA MATARAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIDHO CAHYA PUTRA DEWANTO F1A018149.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Data tiga tahun terakhir (2018-2020) Kepolisian Resort Kota Mataram, menunjukkan bahwa laki-laki lebih banyak mengalami kecelakaan lalu lintas (745 kasus), dibandingkan dengan perempuan (198 kasus). Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perbedaan perbedaan jenis kelamin terhadap pelanggaran lalu lintas di Kota Mataram, tiga variabel digunakan dalam penelitian ini antara lain: variabel perilaku (B), variabel pelanggaran lalu lintas (V) dan variabel kecalakaan lalu lintas (A). SEM adalah teknik statistik multivariat yang merupakan kombinasi antara analisis faktor dan analisis regresi. Proses SEM tidak bisa dilakukan secara manual, karena kompleksitas model dan alat statistik yang digunakan, sehingga perlunya software khusus yang salah satunya adalah WarpPLS 7.0. Software ini digunakan untuk mengetahui pengaruh perilaku (B) terhadap kecelakaan lalu lintas (A) dengan pelanggaran lalu lintas (V) sebagai variabel mediasi. Pengaruh (B) terhadap (V) untuk laki-laki memiliki koefisien jalur sebesar 0,460 dan p- value<0,001. Yang berarti dapat dikatakan positif signifikan, sehingga hipotesis dapat diterima. Pengaruh (B) terhadap (V) untuk perempuan memiliki koefisien jalur sebesar 0,331 dan p-value<0,001. Yang berarti dapat dikatakan positif signifikan, sehingga hipotesis dapat diterima. Perbedaan jenis kelamin berpengaruh signifikan terhadap perilaku berkendara berdasarkan nilai path coefficient yang dimiliki berbeda. Ini menunjukkan bahwa perbedaan jenis kelamin mempunyai perbedaan perilaku dalam berkendara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jenis kelamin, perilaku berkendara, pelanggaran lalu lintas, kecelakaan lalu lintas, WARPPLS
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2022 00:23
Last Modified: 17 Nov 2022 00:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33207

Actions (login required)

View Item View Item