PERAN GASTRODIPLOMASI SEBAGAI JALUR PEMBUKA NEGOSIASI PEMBEBASAN WARGA NEGARA INDONESIA OLEH ABU SAYYAF GROUP TAHUN 2016

Khilda Khairunnisa, Fakhruddin (2022) PERAN GASTRODIPLOMASI SEBAGAI JALUR PEMBUKA NEGOSIASI PEMBEBASAN WARGA NEGARA INDONESIA OLEH ABU SAYYAF GROUP TAHUN 2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KHILDA KHAIRUNNISA L1A018053(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran gastrodiplomasi sebagai alat pembuka negosiasi pada kasus pembebasan WNI yang disandera oleh Abu Sayyaf Group pada tahun 2016. Peranan gastrodiplomasi pada kasus ini terlihat pada strategi yang digunakan oleh Yayasan Sukma Bangsa dalam proses pembebasan WNI di wilayah Mindanao. Keterlibatan Yayasan Sukma Bangsa dimulai karena keterbatasan pemerintah Indonesia dalam hal menyelesaikan kasus secara damai dengan Abu Sayyaf Group. Dengan masuknya Yayasan Sukma Bangsa dalam proses pembebasan WNI maka keterlibatan berbagai aktor dalam penelitian ini dapat dilihat menggunakan konsep multi-track diplomacy sebagai alat analisisnya. Dibentuknya Yayasan Sukma bangsa secara tidak langsung menciptakan ikatan hubungan antara Abu Sayyaf Group dengan tim perwakilan dari Indonesia. Hal ini dikarenakan Yayasan Sukma Bangsa memiliki kerjasama dalam hal pendidikan yang ditujukan untuk wilayah keberadaan markas Abu Sayyaf Group. Strategi yang digunakan Yayasan Sukma Bangsa melalui sarana makanan menjadi hal yang menarik untuk dibahas pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan data sekunder yang berupa liberary research. Hasilnya, penggunaan makanan sebagai sarana pembebasan memang bukan hal utama dalam tercapainya tujuan pembebasan WNI. Namun pada akhirnya, dengan adanya makanan ini, tentunya dapat mempengaruhi Abu Sayyaf Group dalam hal membuat keputusan pembebasan WNI yang disandera.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Abu Sayyaf Group, Gastrodiplomasi, Multi-track Diplomacy, WNI, Yayasan Sukama Bangsa
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:19
Last Modified: 17 Nov 2022 04:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33212

Actions (login required)

View Item View Item