ANALISIS PERAN UNITED NATIONS HIGH COMMISIONER FOR REFUGEES (UNHCR )TERHADAP PENGUNGSI SURIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TURKI (2019-2022)

BAIQ HUSNUL, KHOTIMAH (2022) ANALISIS PERAN UNITED NATIONS HIGH COMMISIONER FOR REFUGEES (UNHCR )TERHADAP PENGUNGSI SURIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TURKI (2019-2022). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Baiq Husnul Khotimah_L1A018023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena pengungsi Suriah di Turki adalah salah satu akibat dari peristiwa Arab Spring sejak tahun 2011. Tercatat Turki adalah rumah untuk populasi pengungsi Suriah terbanyak yaitu hampir 3,6 juta warga Suriah. Pada tahun 2020 masuknya pandemi Covid-19 di Turki membuat pengungsi Suriah tersebut harus menghadapi masalah baru. Dampak pada pandemi ini membuat pengungsi Suriah mengalami masalah kesehatan serta ekonomi seperti meningkatnya pengangguran karena hilangnya sumber pendapatan. UNHCR yang dibawah naungan PBB adalah sebuah organisasi yang bergerak pada penanganan pengungsi. Turki menjadi salah satu negara anggota UNHCR serta negara peratifikasi Konvensi 1951 dan Protokol 1967 berkewajiban menangani pengungsi Suriah yang berada di negaranya. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin melihat efektivitas peran UNHCR dalam melindungi pengungsi Suriah yang berada di Turki pada masa Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan konsep organisasi internasional, rezim internasional serta teori efektivitas rezim. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UNHCR dan pemerintah Turki bekerja sama untuk menangani pengungsi Suriah di Turki. UNHCR menjadi inisiator, fasilitator serta determinator telah efektif menjalankan perannya memberi bantuan kesehatan, pendidikan, dan lapangan pekerjaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengungsi Suriah, UNHCR, Peran, Pemerintah Turki, Pandemi Covid-19
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:19
Last Modified: 17 Nov 2022 04:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33213

Actions (login required)

View Item View Item