PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BIJI JINTAN HITAM (Nigella sativa) TERHADAP BERAT BADAN dan ANGKA KEMATIAN AYAM BROILER PADA PETERNAKAN AYAM BROILER DI DESA RADE KECAMATAN MADAPANGGA KABUPATEN BIMA.

NURRAHMAH, ASSYIFA (2022) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BIJI JINTAN HITAM (Nigella sativa) TERHADAP BERAT BADAN dan ANGKA KEMATIAN AYAM BROILER PADA PETERNAKAN AYAM BROILER DI DESA RADE KECAMATAN MADAPANGGA KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
File Skripsi Biologi 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetah ui pengaruh pemberian ekstrak biji jintan hitam (Nigella sativa) terhadap berat badan dan angka kematian ayam broiler. Ayam broiler dipilih secara acak untuk mewakili 4 kelompok dosis yaitu: kelompok kontrol (P0), eksrak 1,5 ml/liter (PI), ekstrak 2 ml/liter (PII), dan ekstrak 2,5 ml/liter (PIII). Setiap kelompok perlakuan dilakukan 15 kali pengulangan. Perlakuan diberikan dengan mencampur ekstrak biji jintan hitam (Nigella sativa) kedalam air minum ayam broiler selama 3 minggu. Variabel yang diamati meliputi berat badan dan angka kematian ayam broiler. Analisis data menggunakan uji ANOVA searah dengan taraf signifikan 5% (0,000) dan dilanjutkan dengan uji LSD (Least Significant Difference) dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian berat badan ayam broiler menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada setiap dosis yang diberikan. Semakin tinggi dosis ekstrak biji jintan hitam (Nigella sativa) yang diberikan, maka semakin mempengaruhi pertambahan berat badan ayam broiler. Sedangkan hasil pengamatan pada angka kematian tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada dosis yang diberikan. Kesimpulan penelitian ini adalah ekstak biji jintan hitam (Nigella sativa) berpengaruh secara signifikan terhadap pertambahan berat badan ayam broiler dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap angka kematian ayam broiler.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biji jintan hitam, berat badan dan angka kematian.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:27
Last Modified: 17 Nov 2022 04:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33217

Actions (login required)

View Item View Item