PENETAPAN KADAR FLAVONOID TOTAL EKSTRAK ETANOL BUAH RENGGAK (Amomum dealbatum Roxb.) DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

LALU ARDIAN, HADI (2022) PENETAPAN KADAR FLAVONOID TOTAL EKSTRAK ETANOL BUAH RENGGAK (Amomum dealbatum Roxb.) DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Lalu Ardian Hadi_K1A018046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Buah renggak (Amomum dealbatum Roxb.) merupakan tanaman dari famili Zingiberaceae yang memiliki aktivitas sebagai antibakteri dan antifungi yang disebabkan oleh kandungan metabolit sekunder berupa flavonoid. Kandungan senyawa flavonoid total pada buah renggak belum pernah dilaporkan sebagai parameter spesifik mutu ekstrak dalam kaitannya dengan aktivitas farmakologis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kadar flavonoid total pada ekstrak etanol buah renggak dengan metode spektrofotometri UV-Vis. Penelitian ini dilakukan dengan mengekstraksi simplisia buah renggak dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol 96% (perbandingan simplisia:pelarut yang digunakan yaitu 1:10). Ekstrak yang diperoleh dilakukan identifikasi kualitatif awal flavonoid dengan reaksi Wilstater, reaksi Bate Smith-Metcalfe, dan kromatografi lapis tipis. Penetapan kadar flavonoid total menggunakan spektrofotometri UV-Vis dengan metode kolorimetri. Hasil identifikasi kualitatif awal flavonoid menunjukkan bahwa ektsrak etanol buah renggak positif mengandung flavonoid. Ekstrak etanol buah renggak memiliki kadar flavonoid total sebesar 0,4858 ± 0,0014 mg KE/g ekstrak dan 3,0833 ± 0,1439 mg RE/g ekstrak. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dalam ekstrak etanol buah renggak kandungan glikosida flavonoid lebih besar dari kandungan aglikon flavonoid.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Buah renggak (Amomum dealbatum Roxb.), flavonoid total, spektrofotometri UV-Vis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:27
Last Modified: 17 Nov 2022 04:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33218

Actions (login required)

View Item View Item