PENGGUNAAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DALAM MENGANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI KE KAMPUS

ARIS NAUFAL, RAHMADANI (2022) PENGGUNAAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DALAM MENGANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI KE KAMPUS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Skripsi Aris Naufal R-F1A117008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini untuk dapat mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Teknik tentang kriteria dan subkriteria pemilihan moda transportasi ke kampus. Penelitian ini menggunakan metode Analytic Hierarchy Process dengan Software Expert Choice Version 11. Untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh. Instrumennya meliputi form kuesioner terhadap mahasiswa/i Teknik untuk mengidentifikasi karakteristik mahasiswa/i Teknik dalam pemilihan moda transportasi, menganalisa faktor yang paling mempengaruhi dalam penggunaan moda transportasi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang menjadi parameter bagi mahasiswa Teknik Universitas Mataram dalam memilih moda transportasi yaitu faktor aman, nyaman, waktu, dan biaya. Dari segi keamanan moda paling aman pilihan responden adalah mobil 46,6%. Dari segi kenyamanan, moda yang paling nyaman pilihan responden adalah mobil dengan nilai 50,5%. Dari segi biaya, sepeda motor menempati urutan pertama dengan selisih yang besar terhadap moda lainnya dengan nilai 50,8%. Dari segi waktu, moda pilihan responden adalah sepeda motor sebesar 55,2%. Berdasarkan data tersebut, pilihan pertama responden untuk pemilihan moda transportasi adalah sepeda motor dengan persentasi 42,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Moda transportasi, Fakultas Teknik, Analytic hierarcy process.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:27
Last Modified: 17 Nov 2022 04:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33219

Actions (login required)

View Item View Item