ISOLASI, IDENTIFIKASI, DAN KARAKTERISASI Lactobacillus spp. DARI SALURAN PENCERNAAN ENTOK (Chairina moschata) SEBAGAI KANDIDAT PROBIOTIK UNGGAS

FITRI, ANDRIANI (2022) ISOLASI, IDENTIFIKASI, DAN KARAKTERISASI Lactobacillus spp. DARI SALURAN PENCERNAAN ENTOK (Chairina moschata) SEBAGAI KANDIDAT PROBIOTIK UNGGAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_FITRI ANDRIANI_B1D018085 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Probiotik merupakan sel mikroorganisme hidup yang bersifat non patogen dan non toksik yang memiliki efek menguntungkan inangnya. Penggunaan probiotik semakin populer sebagai alternatif pengganti penggunaan antibiotik dalam meningkatkan kesehatan ternak. Bakteri asam laktat (BAL) merupakan mikroorganisme yang banyak dimanfaatkan sebagai probiotik untuk ternak unggas dan mempunyai keunggulan mampu menghasilkan enzim ekstarseluler. Lactobacillus merupakan bakteri yang saat ini banyak dikembangkan sebagai probiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi, identifikasi dan karakterisasi Lactobacillus spp., yang terdapat pada saluran pencernaan entok (Chairina moschata). Sebanyak 5 isolat telah diisolasi (sekum, doudenum, proventriculus, ileum dan gizzard) terpilih yang dianggap sebagai kelompok Lactobacillus spp., yang ditunjukkan oleh hasil pemeriksaan morfologi dan uji biokimia. Hasil isolat menunjukkan Gram-positif berbentuk batang yang memiliki kemampuan tumbuh pada media MRSA. Berdasarkan hasil uji biokimia, kelima isolat bersifat non- motil, mampu memfermentasi gula, hasil negatif pada uji katalase dan uji indol serta memiliki kemampuan menghasilkan enzim ekstraseluler berupa enzim fitase dan enzim protease. Semua isolat menunjukkan aktivitas penghambat terhadap Escherichia coli ATCC 25922 dan Staphylococcus aureus. Sebanyak 3 isolat tepilih yang diduga kuat sebagai genus Lactobacillus diidentifikasi berdasarkan sekuen gen 16S rRNA. Hasil pengujian menunjukkan bahwa isolat (M1S dan M8S) teridentifikasi sebagai Lactobacillus salivarius strain RBL73 sedangkan isolat M3S teridentifikasi Lactobacillus salivarius strain 2968. Sehingga pada penelitian ini didapatkan 3 isolat bakteri dengan produksi enzim ekstraseluler dapat digunakan sebagai probiotik untuk ternak unggas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Probiotik, bakteri asam laktat, Lactobacillus, enzim ekstarseluler, ternak unggas.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:21
Last Modified: 18 Nov 2022 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33237

Actions (login required)

View Item View Item