ISOLASI, IDENTIFIKASI, DAN KARAKTERISASI Pediococcus spp. DARI SALURAN PENCERNAAN ENTOK (Cairina moschata) SEBAGAI KANDIDAT PROBIOTIK UNGGAS

FATIMAH AZH ZHAHRO, BAGIS (2022) ISOLASI, IDENTIFIKASI, DAN KARAKTERISASI Pediococcus spp. DARI SALURAN PENCERNAAN ENTOK (Cairina moschata) SEBAGAI KANDIDAT PROBIOTIK UNGGAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FATIMAH AZH ZHAHRO BAGIS (B1D 018 078).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang dapat berguna untuk meningkatkan produktivitas ternak baik kecernaan pakan maupun kesehatan. Saluran pencernaan merupakan salah satu sumber probiotik. Penelitian ini dilakukan dengan mengisolasi bakteri dari saluran pencernaan Entok (Cairina moschata) untuk mendapatkan bakteri asam laktat dari genus Pediococcus spp. sebagai kandidat probiotik unggas. Isolasi dilakukan dengan mengambil isi dalam pada saluran pencernaan kemudian diencerkan dengan pengenceran bertingkat dan dibiakkan dengan metode pour plate pada media MRS. Kemudian dipilih koloni bakteri yang berbeda untuk isolasi lebih lanjut. Isolat bakteri diambil dari 5 sumber yakni proventrikulus, duodenum, ileum, sekum, dan empedal. Identifikasi dilakukan secara morfologi dan fisiologi. Isentifikasi morfologi meliputi idntifikasi koloni bakteri dan sel bakteri. Identifikasi secara fisiologi dilakukan dengan uji katalase, pembentukan gas H2S, produksi indol, motilitas, dan kemampuan menfermentasi karbohidrat. Kakteristik bakteri Pediococcus spp. sebagai kandidat probiotik unggas dilihat dalam kemampuan menghasilkan enzim fitase dan protease, serta aktivitas antimikroba patogen Escherichia coli ATCC 25922 dan Staphylococcus aureus. Berdasarkan hasil identifikasi secara morfologi, fisiologi, kemampuan dalam menghasilkan enzim fitase dan protease, serta aktivitas antimikroba dipilih 2 isolat untuk identifikasi berdasarkan gen sekuen 16S rRNA. Hasil sekuensing menunjukkan isolat D3 merupakan Pediococcus pentosaceus strain AM 26, dan isolat P2 merupakan Pediococcus pentosaceus strain L1.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): isolasi, entok, Pediococcus spp., probiotik, bakteri asam laktat
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2022 23:52
Last Modified: 17 Nov 2022 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33238

Actions (login required)

View Item View Item