ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI TEORI SKEMP MATERI SEGI EMPAT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

SUCI FATMALA, SARI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI TEORI SKEMP MATERI SEGI EMPAT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FIX SKRIPSI_SUCI FATMALA SARI_E1R018077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan hal yang penting dan harus dikuasai oleh siswa. Namun, banyak siswa kesulitan untuk memahami dan memecahkan masalah. Pemahaman matematis yang dapat digunakan guru untuk memastikan pemahaman siswa dan untuk mengidentifikasi siswa yang benar- benar paham atau tidak adalah teori Skemp. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pemahaman matematis siswa ditinjau dari teori Skemp materi segi empat pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan pemahaman tinggi memenuhi semua indikator pemahaman matematis, mampu menjelaskan, dan masuk ke dalam pemahaman relasional. Siswa dengan pemahaman matematis sedang memenuhi 6 dari 7 indikator pemahaman matematis, mampu menjelaskan dan masuk ke dalam pemahaman relasional. Siswa dengan pemahaman matematis rendah memenuhi 4 dari 7 indikator pemahaman matematis, tidak mampu menjelaskan dan masuk ke pemahaman instrumental. Dengan demikian, siswa dengan pemahaman matematis tinggi dan sedang memiliki pemahaman relasional. Sedangkan, siswa dengan pemahaman matematis rendah memiliki pemahaman instrumental.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemahaman Instrumental, Pemahaman Matematis, Pemahaman Relasional, Pemahaman Skemp, Segi Empat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:21
Last Modified: 18 Nov 2022 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33245

Actions (login required)

View Item View Item