ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 PRAYA TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023

RIANI, OLIVIA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 PRAYA TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIANI CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu dasar yang peranannya sangat penting dalam kehidupan manusia. Siswa dituntut menguasai beberapa kemampuan matematika salah satunya yaitu kemampuan komunikasi matematis. Selain itu, siswa juga harus memahami faktor psikis dirinya yang menunjang dalam memahami matematika salah satunya self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi siswa untuk masing-masing indikator dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self efficacy siswa dan mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI SMAN 1 Praya Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik penentuan subjek penelitian yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kemampuan komunikasi matematis tinggi terdiri dari 5 siswa dengan persentase 16,67%, sedangkan siswa dengan tingkat kemampuan komunikasi matematis sedang terdiri dari 18 siswa dengan persentase 60,00% dan siswa dengan tingkat kemampuan komunikasi matematis rendah terdiri dari 7 siswa dengan persentase 23,33%. Siswa dengan tingkat self efficacy tinggi mampu menuliskan apa yang diketahui dan kesimpulan dengan tepat, mampu menentukan permisalan variabel, dan mampu menyusun langkah penyelesaian. Sedangkan siswa dengan tingkat self efficacy rendah mampu menuliskan apa yang diketahui, belum mampu menentukan permisalan variabel dengan tepat, dan sudah mampu menyusun langkah penyelesaian namun masih kurang lengkap.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy, Soal Cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:21
Last Modified: 18 Nov 2022 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33246

Actions (login required)

View Item View Item