PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI SMPN 1 KILO

Kas, din (2022) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI SMPN 1 KILO. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KASDIN_12H019005_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran kompetensi profesional, peran guru dan pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa di SMPN 1 Kilo. Data dikumpulkan menggunakan metode survei dan eksperimen. Metode survei untuk memerlukan responden dalam jumlah yang cukup agar validitas temuan dapat dicapai dengan baik. Metode eksperimen untuk menjelaskan hubungan sebab akibat antara satu variabel dengan lainnya (variabel x dan variabel y). Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran kompetensi professional guru hasil nilai hitung r dan nilai tabel r dengan 10 item dapat digolongkan menjadi dua bagian pertama, 5 item dinyatakan valid dengan presentase 50 %, dan 5 item dinyatakan tidak valid dengan presentase 50 %, sedangkan peran guru bahasa Indonesia dapat dilihat hasil nilai hitung r dan nilai tabel r dengan 12 item digolongkan menjadi dua bagian pertama, 5 item dinyatakan valid dengan presentase 41 %, sedangkan 7 item dinyatakan tidak valid dengan presentase 58 %. Profesionalisme hasil nilai hitung r dan nilai r dengan 17 item dapat digolongkan menjadi dua bagian pertama, 8 item dinyatakan valid dihitung dari nilai koefisien korelasi product moment dengan presentase 47 %, sedangkan kedua, 9 item dinyatakan tidak valid dihitung dari nilai koefisien korelasi product moment dengan presentase 52 %.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kompetensi, Peran Guru dan Profesionalisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:22
Last Modified: 18 Nov 2022 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33253

Actions (login required)

View Item View Item