KONSUMSI PAKAN DAN PERTUMBUHAN SAPI SUMBAWA YANG DIBERI PAKAN KOMPLIT DENGAN TEKNIK PENCAMPURAN PAKAN YANG BERBEDA

YAYAN, ALFIANSYAH (2022) KONSUMSI PAKAN DAN PERTUMBUHAN SAPI SUMBAWA YANG DIBERI PAKAN KOMPLIT DENGAN TEKNIK PENCAMPURAN PAKAN YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YAYAN ALFIANSYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi pakan dan pertumbuhan sapi Sumbawa yang diberi pakan komplit dengan teknik pencampuran pakan yang berbeda di Kelompok Tani Ternak Buin Pedi Lingkungan Raberas Kecamatan Sumbawa. Penelitian berlangsung sejak tanggal 20 Agustus sampai 20 November 2021 menggunakan sapi Sumbawa betina sebanyak 15 ekor dengan bobot badan rata-rata 280 kg. Penelitian didesain berdasar Rancangan Acak Lengkap dengan 3 perlakuan dan 5 replikasi. Perlakuannya terdiri dari: Perlakuan 1: prosesing pencampuran pakan menggunakan mesin; Perlakuan 2: prosesing pencampuran pakan secara manual; Perlakuan 3: kombinasi prosesing menggunakan mesin dan manual. Parameter yang diamati, meliputi: total konsumsi pakan komplit, konsumsi bahan kering pakan konsentrat, dan pertambahan bobot badan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total konsumsi pakan komplit yang diberikan yaitu 10,36 – 10,59 kg/ekor/hari. Rata-rata konsumsi bahan kering mencapai 7,55-7,73 kg/ekor/hari atau 2,53-2,75% dari bobot badan, dan pertambahan bobot badan rata-rata sekitar 0,13-0,52 kg/ekor/hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sapi Sumbawa, teknik pencampuran pakan, total konsumsi pakan, bahan kering, pertambahan bobot badan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:22
Last Modified: 18 Nov 2022 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33256

Actions (login required)

View Item View Item