FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERKONTROLAN KADAR GULA DARAH PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

I Wayan Mustika, Maha Putra (2022) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERKONTROLAN KADAR GULA DARAH PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah KTI_I Wayan Mustika Maha Putra_H1A019053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Indonesia berada pada peringkat ketujuh dari 10 negara penyumbang angka Diabetes Melitus (DM) tertinggi di dunia pada tahun 2019 dengan jumlah penderita sebanyak 10,7 juta dengan perkiraan pada tahun 2045 dapat menembus angka 16,6 juta kasus. Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi dengan angka DM cukup tinggi mencapai 21.308 dengan berbagai komplikasi karena kadar gula darah yang tidak terkontrol. Tingginya kadar gula darah pada pasien DM disebabkan karena beberapa faktor – faktor yang tidak terkendali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan terhadap ketidakterkontrolan kadar gula darah pasien DM tipe 2 di RSUD Provinsi NTB. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian obervasional dengan desain cross sectional. Pemilihan sampel menggunakan metode consecutive sampling yang diperoleh dari rekam medis pasien DM tipe 2 yang berobat di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Provinsi NTB. Besar sampel penelitian berjumlah 82 orang dengan analisis data univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-square. Hasil: Subjek pada penelitian ini didominasi oleh usia pasien > 45 tahun (75,6%), berjenis kelamin perempuan (51,2%), menggunakan terapi non insulin (52,4%), dan lamanya menderita DM tipe 2 < 10 tahun (67,07%) dengan status kadar gula darah tidak terkontrol (52,4%). Analisis bivariat menggunakan uji Chi-square didapatkan hasil terdapat hubungan bermakna secara statistika antara keterkontrolan kadar gula darah dengan usia pasien (p=0,021), keterkontrolan kadar gula darah dengan jenis kelamin (p=0,008), keterkontrolan kadar gula darah dengan jenis terapi (p=0,004), dan keterkontrolan kadar gula darah dengan lamanya menderita DM (0,023). viii Kesimpulan: Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa terdapat hubungan antara keterkontrolan kadar gula darah dengan usia pasien, jenis kelamin, jenis terapi, dan lamanya menderita DM.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): DM tipe 2, usia, jenis kelamin, jenis terapi, lamanya menderita DM, kadar gula darah.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:10
Last Modified: 18 Nov 2022 07:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33262

Actions (login required)

View Item View Item