PENGARUH SARANA PRASARANA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2022

WAYAN, SUBADRE (2022) PENGARUH SARANA PRASARANA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2022. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis Full (Wayan Subadre) Magister Administrasi Pendidikan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan pengaruh sarana prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran terhadap mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menemukan perbedaan mutu pendidikan di SMP Negeri Kabupaten Lombok Utara yang memiliki perbedaan sarana prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian kausal komparatif. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 270 orang guru ASN yang tersebar di 16 SMP Negeri Kabupaten Lombok Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling pada tiap sub populasi dan sampel ditentukan secara random. Sampel pada penelitian ini berjumlah 160 orang guru. Uji hipotesis menggunakan Analisys of Varians (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sarana prasarana tergolong cukup (69,04%); 2) Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tergolong cukup (68,51%); 3) Mutu pendidikan tergolong baik (81,04%); 4) Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan (p ≤ 0,005); 5) Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan (p ≤ 0,005); dan 6) Tidak terdapat pengaruh interaksi sarana prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran terhadap peningkatan mutu pendidikan (p > 0,005).

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Sarana, Prasarana, Teknologi Informasi, Mutu Pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:10
Last Modified: 18 Nov 2022 07:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33263

Actions (login required)

View Item View Item