RANCANG BANGUN SMART CAT FEEDER UNTUK PEMBERIAN PAKAN KUCING BERBASIS IOT MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIC DAN SENSOR LOAD CELL

I Nyoman Tegar, Pramudya (2022) RANCANG BANGUN SMART CAT FEEDER UNTUK PEMBERIAN PAKAN KUCING BERBASIS IOT MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIC DAN SENSOR LOAD CELL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Tugas Akhir - I Nyoman Tegar Pramudya (F1D017031).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengisian kuesioner terhadap 30 responden pemilik kucing, dimana rata-rata responden berusia 21 sampai 23 tahun dan terdapat juga beberapa responden berumur di atas 25 tahun. Dari hasil jawaban responden yang dikumpulkan, 4 diantaranya adalah anggota komunitas pecinta kucing, terkait tanggapan dalam pemberian makan sehari-hari yang dilakukan kepada peliharaan mereka, diketahui bahwa lebih dari 50% responden mengaku belum memperhatikan pemberian porsi makanan yang tepat berdasarkan berat kucing peliharaan mereka, terdapat kendala dimana pemilik kucing bahkan tidak menentukan jadwal pasti dalam pemberian makan yang diberikan kepada kucing mereka, bahkan terdapat salah satu responden yang memberikan kucingnya makan hingga 6 kali dalam sehari dengan porsi yang tidak menentu, dan diantara mereka juga terkadang lupa hingga tidak sempat memberikan makanan dengan tepat waktu. Hampir sebagian besar responden mengaku penyebab permasalahan tersebut dikarenakan kesibukan sehari-hari hingga tidak sempat memberi makan kucingnya secara teratur. Smart cat feeder merupakan penelitian yang berfokus untuk memudahkan pemilik kucing yang memiliki kesibukan padat hingga mengalami kesulitan dalam memberi makan hewan peliharaannya, sistem ini akan memberi makan kucing secara teratur dan jumlah porsi yang diberikan akan disesuaikan dengan kondisi kucing yang sedang dipelihara, pemberian porsi dikategorikan berdasarkan berat kucing yang dimiliki dan jadwal pemberian makannya juga akan disesuaikan berdasarkan kondisi kucing tersebut. Pengujian sistem yang dilakukan terhadap alat dan website telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan, berdasarkan percobaan kepada 5 orang pemilik kucing yang berbeda-beda, sistem mampu menampilkan informasi stok makanan dengan sensor ultrasonic dan informasi berat makanan dengan sensor load cell. Pemberian pakan berhasil dilakukan tiap waktu yang diharapkan, dimana dalam semua percobaan tiap kucing mampu menghabiskan pakan pada mangkuk sebelum tiba waktunya pemberian pakan berikutnya. Selama percobaan dilakukan, koneksi jaringan internet cukup mempengaruhi kinerja alat dalam merespon waktu pemberian pakan, karena dapat terjadi delay sekitar 2 detik hingga 5 detik untuk alat dapat membuka pintu tempat keluarnya pakan dari wadah penampung makanan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Smart Cat Feeder, Ultrasonic Sensor, Load Cell Sensor, Motor Servo, MQTT, Website, NTP Server, Pecinta Kucing.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:10
Last Modified: 18 Nov 2022 07:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33266

Actions (login required)

View Item View Item