HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IX MTS AL-AZIZIYAH PUTRI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

FATIA NINGSIH, ERAYANI (2022) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IX MTS AL-AZIZIYAH PUTRI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FATIA NINGSIH ERAYANI (PDF).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematis siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IX Mts. Al-Aziziyah Putri dengan jumlah keseluruhan yaitu 201 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket kepercayaan diri dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0,032 < 0,05 artinya terdapat hubungan secara simultan antara kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar. Besarnya nilai pearson correlation X1 dan X2 terhadap Y adalah 0,435 artinya cukup berarti atau sedang, dengan R2 sebesar 0,189 berarti secara simultan kontribusi X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 18,9%. Nilai signifikan X1 terhadap Y sebesar 0,016 < 0,05 artinya terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar. Besarnya nilai pearson correlation X1 terhadap Y adalah 0,398 artinya rendah atau lemah tapi pasti, dengan R2 sebesar 0,159 berarti secara parsial kontribusi X1 terhadap Y adalah sebesar 15,9% dan Nilai signifikan 0,049 < 0,05 artinya terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dengan hasil belajar. Besarnya nilai pearson correlation X2 terhadap Y adalah 0,331 artinya rendah atau lemah tapi pasti, dengan R2 adalah 0,110 berarti kontribusi X2 terhadap Y adalah sebesar 11%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kepercayaan Diri, Kemampuan Komunikasi Matematis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:53
Last Modified: 18 Nov 2022 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33275

Actions (login required)

View Item View Item