KARAKTERISTIK EMISI KENDARAAN RODA DUA PADA KONDISI OPERASI BAHAN BAKAR GANDA BIOGAS – PERTALITE DENGAN APLIKASI ADSORBEN ARANG AKTIF BATANG KELOR (MORINGA OLEIFERA)

Ni Ketut Regi, Nikita (2022) KARAKTERISTIK EMISI KENDARAAN RODA DUA PADA KONDISI OPERASI BAHAN BAKAR GANDA BIOGAS – PERTALITE DENGAN APLIKASI ADSORBEN ARANG AKTIF BATANG KELOR (MORINGA OLEIFERA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi - Ni Ketut Regi Nikita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal - Ni Ketut Regi Nikita.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap tahunnya konsumsi bahan bakar di Indonesia terus bertambah yang menyebabkan emisi semakin banyak sehingga diperlukan bahan bakar pengganti ramah lingkungan yaitu biogas. Namun biogas memiliki kandungan lain yaitu CO 2 yang tidak baik untuk lingkungan. Sehingga diperlukan kombinasi antara pertalite, biogas dan adsorben untuk menurunkan emisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik HC, CO dan CO 2 dari emisi kendaraan roda dua pada bahan bakar ganda biogas-pertalite dengan penambahan adsorben. Penelitian ini menggunakan adsorben arang aktif batang kelor dengan variasi konsentrasi larutan aktivasi adsorben (0%, 2%, 5% dan 8%). Proses pengujian dilakukan dengan cara adsorben dimasukkan ke dalam saluran gas buang kendaraan roda dua dengan kondisi menggunakan bahan bakar ganda, lalu adsorben akan melewati oleh emisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan adsorben merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap turunnya emisi yang dihasilkan. variasi konsentrasi larutan yang terbaik adalah konsentrasi 8% dengan kandungan CO; CO 2 dan HC berturut- turut dengan nilai rata-rata 0,01 %; 1,29% dan 947,67 ppm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Batang kelor, pertalite-biogas, adsorben, emisi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:53
Last Modified: 18 Nov 2022 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33277

Actions (login required)

View Item View Item