“HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN KEJADIAN FEAR OF MISSING OUT (FoMO) PADA MAHASISWA PRE- KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM”

Iga Cahya, Madani (2022) “HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN KEJADIAN FEAR OF MISSING OUT (FoMO) PADA MAHASISWA PRE- KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH IGA CAHYA MADANI (Repaired) fix (Repaired) (Repaired) fikkkkkk (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Media sosial memungkinkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas dua arah dalam berbagai bentuk pertukaran, kolaborasi, saling berkenalan dalam bentuk tulisan, visual dan audiovisual. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. Media sosial berperan penting dalam dunia pendidikan mahasiswa diberikan banyak kesempatan untuk meningkatkan pembelajaran, mengakses informasi terbaru, bisa terhubung dengan kelompok belajar dan sistem pendidikan yang lainnya yang berdampak positif pada hasil belajar mahasiswa. Penggunaan media sosial yang berlebih dapat menyebabkan berbagai masalah sosial, psikologis, fisik salah satunya fear of missing out (FoMO) yang dicirikan dengan keinginan untuk terus terhubung dengan apa yang dilakukan orang lain, ini mengakibatkan ketidakmauan individu untuk melewatkan informasi penting. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan responden penelitian mahasiswa pre-klinik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, data diambil dengan penyebaran kuesioner skala fear of missing out dan skala intensitas penggunaan media sosial secara online melalui google form, menggunakan uji Chi-Square untuk mengetahui hubungan variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil: Sebanyak 367 mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian, hasil analisis data menggunakan uji Chi-Square didapatkan hasil P-value 0.00 (p < 0.05) sehingga Ha diterima artinya terdapat hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan kejadian fear of missing out pada mahasiswa kedokteran Universitas Mataram Kesimpulan: Sebagian besar mahasiswa memiliki intensitas penggunaan media sosial dan fear of missing out kategori sedang, serta terdapat hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan kejadian fear of missing out

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fear of Missing Out, Media Sosial, Intesitas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:02
Last Modified: 18 Nov 2022 08:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33278

Actions (login required)

View Item View Item