PENGEMBANGAN LKPD IPA SMP BERBASIS ETNOSAINS TERINTEGRASI CULTURALLY RESPONSIVE TRANSFORMATIVE TEACHING (CRTT) UNTUK MELATIH SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK

ANAK AGUNG AYU, TRISNA HANDAYANI (2022) PENGEMBANGAN LKPD IPA SMP BERBASIS ETNOSAINS TERINTEGRASI CULTURALLY RESPONSIVE TRANSFORMATIVE TEACHING (CRTT) UNTUK MELATIH SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS AA AYU TRISNA H_I2E020002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD IPA berbasis etnosains terintegrasi Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT) yang valid, praktis, dan efektif dalam melatih sikap ilmiah peserta didik. Pengembangan LKPD IPA SMP didasarkan pada model 4D dari Thiagarajan, S. Semmel & Semmel yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Uji validitas LKPD IPA SMP dilakukan oleh ahli bidang, uji kepraktisan dengan respon guru dan peserta didik dilakukan dengan menggunakan angket serta keterlaksanaan pembelajaran dinilai menggunakan lembar observasi. Sedangkan uji efektifitas menggunakan angket sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD IPA berbasis etnosains terintegrasi Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT) dalam kategori sangat layak digunakan dengan perolehan persentase rata-rata 87,29%. Untuk uji kepraktisan berdasarkan respon guru (91,47%) maupun siswa (88,78%) LKPD IPA dinilai sangat praktis dan menarik serta hasil penilaian observer terhadap keterlaksanaan pembelajaran yaitu sebesar 97,45% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji keefektifan diperoleh persentase skor sikap ilmiah sebelum pembelajaran sebesar 72,04% dan sesudah pembelajaran sebesar 88,56%. Berdasarkan tujuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): LKPD IPA, etnosains, Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT), sikap ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:27
Last Modified: 22 Nov 2022 02:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33298

Actions (login required)

View Item View Item