ANALISIS KELAYAKAN USAHA IKAN AIR TAWAR DAN STRATEGI PEMASARANNYA DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

ESTI, ROSILAWATI (2022) ANALISIS KELAYAKAN USAHA IKAN AIR TAWAR DAN STRATEGI PEMASARANNYA DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_ESTI ROSILAWATI_ANALISIS KELAYAKAN USAHA IKAN AIR TAWAR DAN SRATEGI PEMASARANNYA DI KECAMATAN J.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
J_ESTI ROSILAWATI_ANALISIS KELAYAKAN USAHA IKAN AIR TAWAR DAN SRATEGI PEMASARANNYA DI KECAMATAN J.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk menganalisis kelayakan usaha ikan air tawar di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. (2) Untuk menganalisis strategi pemasaran ikan air tawar di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. (3) Untuk menganalisis kendala-kendala yang dihadapi dalam usaha ikan air tawar di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif sedangkan penentuan daerah penelitian ini ditentukan secara purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik survey dengan wawancara terhadap 30 responden. Penelitian ini dilakukan di Desa Bunkate dan Desa Pengenjek Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Unit analisis dalam usaha ini adalah petani ikan air tawar di Kecamatan Jonggat. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data yang diproleh dianalisis dengan cara analisis biaya produksi,analisis penerimaan, analisis pendapatan,dan analisis R/C ratio serta analisis deskriptif untuk mengetahui strategi pemasaran dan kendala usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) total biaya produksi pada usaha ikan air tawar di Kecamatan Jonggat sebesar Rp 30.016.700 per produksi,-. Penerimaan yang diproleh sebesar Rp 46.894.500 dengan pendapatan yang diproleh sebesar Rp 16.877.800 per sekali produksi,. Usaha ikan air tawar di Kecamatan Jonggat layak untuk diusahakan karena diproleh R/C ratio 1,6. (2) strategi pemasaran yang digunakan adalah strategi S-O yaitu antara lain : a) Memanfaatkan produksi ikan yang kontinyu untuk memenuhi permintaan yang tinggi b) Memanfaatkan lokasi yang strategis untuk memasarkan produknya c) Mempertahankan kualitas ikan guna mempertahankan kepercayaan konsumen. Kendala yang dialami yaitu kendala sosial ekonomi seperti kurangnya modal usaha dan yang kedua adalah banyaknya pesaing.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kelayakan usaha, Strategi Pemasaran, Ikan air tawar
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:27
Last Modified: 22 Nov 2022 02:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33299

Actions (login required)

View Item View Item