HANDRI, ANI (2022) PROFIL PEMAHAMAN KONSEP PANDEMI COVID-19 PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 GERUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI HANDRIANI...pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pemahaman tentang pandemi covid-19 sangat penting agar dapat menerapkan protokol kesehatan dan dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman konsep pandemi covid-19 pada siswa di SMA Negeri 1 Gerung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X (MIPA dan IPS), dan kelas XI (MIPA dan IPS) di SMAN 1 Gerung. Teknik pengambilan sempel dalam penelitian ini adalah multistage cluster random sampling yang dimana setiap tingkatan kelas dipilih 4 kelas untuk mewakili tiap tingkat kelasnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, angket pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemahaman konsep pandemi covid-19 pada siswa di SMAN 1 Gerung adalah tidak ada siswa yang memiliki pemahaman sangat tinggi mengenai pandemi covid-19. Sebanyak 51 siswa yang memiliki pemahaman tinggi (57%) mengenai pandemi covid-19. Sebanyak 38 siswa yang memiliki pemahaman sedang (42%) mengenai pandemi covid-19, dan sebanyak 1 siswa yang memiliki pemahaman rendah (1%) mengenai pandemi covid-19. Profil pemahaman konsep pandemi covid-19 pada siswa di SMA Negeri 1 Gerung tergolong tinggi pada indikator pengetahuan tentang pandemi covid-19, penyebaran virus corona-19, mekanisme infeksi virus corona- 19, pencegahan covid-19, dampak dan gejala covid-19. Hanya indikator mengenai pengobatan covid-19 yang tergolong rendah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Profil, Pandemi Covid-19, SMA Negeri 1 Gerung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 04:26 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 04:26 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33315 |
Actions (login required)
View Item |