PEMANFAATAN KARBON AKTIF TONGKOL JAGUNG (ZEA MAYS) UNTUK MEREDUKSI EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN BAKAR GANDA PERTALITE-BIOGAS

Ibrahim, Akbar (2022) PEMANFAATAN KARBON AKTIF TONGKOL JAGUNG (ZEA MAYS) UNTUK MEREDUKSI EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN BAKAR GANDA PERTALITE-BIOGAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi F1C018085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan kendaraan bermotor setiap tahun mengalami peningkatan, hal tersebut menimbulkan polusi udara yang berbahaya bagi kesehan dan lingkungan. Berdasarkan kondisi tersebut salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengurangi kadar emisi gas buang dari kendaraan dengan menambahkan adsorben pada saluran gas buang (knalpot). Arang aktif tongkol jagung dapat digunakan sebagai salah satu bahan baku dalam pembuatan adsorben karena memiliki daya serap yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh arang aktif sebagai adsorben pada saluran gas buang kendaraan bermotor dengan sistem bahan bakar ganda pertalite-biogas dalam mereduksi kadar emisi gas buang HC, CO, dan CO2. Arang aktif yang digunakan adalah arang tongkol jagung dengan aktivasi kimia menggunakan larutan CaCl2 dengan variasi sebesar 5%, 10%, dan 15%, dan aktivasi thermal dengan temperatur konstan 400°C. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa arang aktif tongkol jagung dapat mereduksi emisi gas buang HC, CO, dan CO2. Arang aktif dengan aktivasi kimia 15% larutan CaCl2 dapat mereduksi emisi gas buang HC, CO, dan CO2 lebiih baik dibandingkan arang aktif dengan variasi 5% dan 10%. Aktivasi arang dengan aktivasi kimia 15% larutan CaCl2 dapat membuka pori-pori arang semakin besar sehingga menyebabkan kemampuan adsorbsi dari arang semakin baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Emisi, arang aktif, adsorben, tongkol jagung
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:27
Last Modified: 23 Nov 2022 04:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33316

Actions (login required)

View Item View Item