PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PESERTA DIDIK DI SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

AFRIYANTI, WITRI (2017) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PESERTA DIDIK DI SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WITRI AFRIYANTI (E1A 012 059).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap penguasaan konsep Biologi pada peserta didik di SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah kausal komparasi dengan tujuan mengetahui perbedaan pengaruh kedua model tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest non-control group design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 7 Mataram. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA5 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep adalah objective test. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t dengan teknik independent sample t-test pada taraf signifikansi 95% dengan bantuan program SPSS 17 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan konsep peserta didik yang signifikan antara kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan kelas eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) (p<0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Team Assisted Individualization (TAI), Think Pair Share (TPS), penguasaan konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Apr 2018 03:23
Last Modified: 28 Apr 2018 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3334

Actions (login required)

View Item View Item