ANALISIS NILAI TAMBAH DAN PROFITABILITAS AGROINDUSTRI BIJI KAKAO (Studi Kasus di UD. Kampung Cokelat Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara)

SITI KHALIPATUL, ‘AINI (2022) ANALISIS NILAI TAMBAH DAN PROFITABILITAS AGROINDUSTRI BIJI KAKAO (Studi Kasus di UD. Kampung Cokelat Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Siti Khalipatul 'Aini_Analisis Nilai Tambah Dan Profitabilitas Agroindustri Biji Kakao (Studi Kasus di UD. Kampung Coke~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Menganalisis nilai tambah agroindustri biji kakao pada UD. Kampung Cokelat. (2). Mengetahui keuntungan agroindustri biji kakao pada UD. Kampung Cokelat. (3). Menganalisis Profitabilitas agroindustri biji kakao pada UD. Kampung Cokelat. Penelitian ini menggunakan merode metode deskriptif dan studi khasus. Penelitian dilaksanakan di UD. Kampung Cokelat Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data menggunakan analisis keuntungan, analisis nilai tambah metode Hayami dan analisis profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan: (1) Nilai tambah Bubuk Cokelat yaitu Rp 35.302/kg bb. Nilai tambah untuk produk Dark Cokelat yaitu Rp 75.084/kg bb. Nilai tambah untuk Milk Cokelat yaitu Rp 34.305/kg bb. Nilai tambah Minuman Serbuk Cokelat yaitu Rp 281.014. Nilai tambah untuk produk Permen Cokelat yaitu Rp 307.704/kg bb. Nilai tambah untuk produk Cokelat Batang yaitu sebesar Rp 367.648/kg bb; (2). Keuntungan yang didapatkan oleh UD. Kampung Cokelat yaitu sebesar Rp 2.864.137, artinya bahwa keuntungan yang didapatkan dari pengolahan biji kakao menjadi produk Bubuk Cokelat, Dark Cokelat, Milk Cokelat, Minuman Serbuk Cokelat, Permen Cokelat, Cokelat Batang, dan produk ikutan Lemak Cokelat untuk satu kali proses produksi yaitu sebesar Rp 2.864.137.; (3). Persentase profitabilitas untuk usaha UD. Kampung Cokelat yaitu sebesar 45,46%. Nilai persentase tersebut lebih besar dari persentase bunga deposito yang diterapkan oleh rata-rata Bank Umum di Indonesia yaitu 7% per bulan. Artinya bahwa usaha UD. Kampung Cokelat layak untuk dijalankan karena persentase laba yang didapatkan lebih besar dibandingkan persentase keuntungan menabung di bank dengan suku bunga 7%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biji Kakao, Keuntungan, Nilai Tambah, Profitabilitas
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Nov 2022 23:09
Last Modified: 23 Nov 2022 23:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33350

Actions (login required)

View Item View Item