SENI SAKECO SEBAGAI MEDIA KAMPANYE SOSIAL DI MASYARAKAT SUMBAWA (Studi Kasus Penggunaan Seni Sakeco pada Kampanye Literasi Digital Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa)

GUNAWAN, PUTRA (2022) SENI SAKECO SEBAGAI MEDIA KAMPANYE SOSIAL DI MASYARAKAT SUMBAWA (Studi Kasus Penggunaan Seni Sakeco pada Kampanye Literasi Digital Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Isi Bab 1-5 + Lampiran Finalize Fixed Jilid.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Seni Sakeco merupakan seni tradisional lisan yang berasal dari Sumbawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Sakeco sebagai media Kampanye Sosial di Masyarakat Sumbawa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan Subjek pada penelitian ini adalah Dinas Komunikasi, Informasi, Statistika dan Sandi Kabupaten Sumbawa. Objek pada penelitian ini adalah Kampanye Literasi Digital yang menggunakan Seni lisan Sumbawa, Seni Sakeco yang digunakan Dinas kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa sebagai media kampanye sosial di masyarakat Kabupaten Sumbawa. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling dan diperoleh 6 informan. Peneliti menggunakan metode wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman dengan Langkah-langkah mulai dari mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik Keabsahan data pada penelitian ini mengunakan Teknik tringulasi Sumber. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa Seni Sakeco digunakan pada Kampanye Literasi Digital yang dilakukan Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa dilakukan secara luring yakni pada awal sosialisasi dan secara daring melalui video pada media sosial YouTube Dinas Kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa dan Website JaWAra Internet Sehat NTB. Pesan pada Sakeco dapat di lihat dari teks lirik sakeco yakni mengajak masyarakat melawan berita/informasi palsu dengan mengajak masyarakat lebih teliti dalam menerima dan menyebarkan informasi. Sakeco yang digunakan pada media daring pada salah satu baitnya menggunakan pantun dalam Bahasa Indonesia dimana pantun tersebut mengandung inti pesan dari Sakeco dan penggunaan pantun ini ditujukan kepada masyarakat yang tidak dapat Bahasa Sumbawa ataupun dari luar Sumbawa agar dapat dimengerti isi dari Sakeco.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kampanye Sosial, Kampanye Literasi Digital, Seni Sakeco
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:48
Last Modified: 24 Nov 2022 03:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33390

Actions (login required)

View Item View Item