ANALISIS SEMIOTIK ROLLAND BARTHES PADA IKLAN DI TELEVISI: MAKNA CANTIK PADA IKLAN KOSMETIK WARDAH

S I L, M A N (2022) ANALISIS SEMIOTIK ROLLAND BARTHES PADA IKLAN DI TELEVISI: MAKNA CANTIK PADA IKLAN KOSMETIK WARDAH. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SILMAN_ JUDUL_TESIS_SAHIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna cantik pada iklan kosmetik Wardah secara denotasi, konotasi dan mitos berdasarkan kajian semiotika Rolland Barthes. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode dokumentasi dan catat. Data didapatkan dari youtube berupa 5 (lima) video yang selanjutnya discane menjadi bagian-bagian dalam tiap videonya dan dianalisis menggunakan ilmu semiotika Teori Rolland Barthes. Hasil analisis pada iklan Kosmetik wardah adanya makna denotasi dari kata cantik yang digambarkan memiliki kulit putih merona, bersih, mulus, bebas jerawat, hidung yang mancung, bentuk wajah yang tirus, alis yang hitam, bentuk mata yang indah, bibir yang tipis dan merah, dan memiliki bentuk dan tinggi badan yang ideal, selain itu penampilan yang modis atau fashionable, hijab stylish, pengkombinasian aksesoris dan kostum yang serasi. Selanjutnya makna konotasi dari kata cantik memiliki sikap tulus, niat yang suci, inspiratif bagi sesama dalam menebar kebaikan, memiliki kepribadain yang matang, selalu menggunakan produk halal sebagai wujud menjaga diri dan kepribadiannya, menunjukkan sikap eksklusive, selalu tersenyum dalam pergaulan, memiliki sikap tenang dan menenangkan, penuh percaya diri, enerjik, lincah, peduli terhadap sesama dan lingkungan. Dan perpaduan antara penampilan yang sempurna, kosmetik yang sesuai, sikap diri yang baik akan mengeluarkan atau memancarkan aura positif dari dalam diri seorang yang cantik. Dan selanjutnya makna mitos dari kata cantik sebagai cantik hati yang merujuk pada kebaikan yang ada pada diri sendiri sehingga menunjukkan sikap-sikap yang baik. Kemudian cantik perbuatan yang merujuk kepada kebaikan yang dilakukan terhadap sesama atau pun lingkungan yang berbentuk kecakapan dalam bersosialisasi dan kebermanfaatan bagi sesama. Selanjutnya cantik yang diusahakan yang merujuk kepada usaha dan upaya untuk mempercantik diri seperti dengan merawat diri, menghias diri.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Analisis, iklan, Wardah, cantik, semiotik, Rolland Barthes
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:43
Last Modified: 24 Nov 2022 07:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33392

Actions (login required)

View Item View Item