EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DAN PENGUASAAN KONSEP IPA BIOLOGI PADA SISWA SMPN 19 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

Apriyanti, Rani (2017) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DAN PENGUASAAN KONSEP IPA BIOLOGI PADA SISWA SMPN 19 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI SKRIPSI RANI APRIYANTI (E1A012036).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan penguasaan konsep IPA Biologi pada siswa SMPN 19 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Penenetuan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas VII C dan VII D sebagai sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini lembar observasi keterlaksanaan model Problem Based Learning ,tes subyektif untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah dan penguasaan konsep IPA Biologi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian terhadap kemampuan memecahkan masalah menunjukan bahwa setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 3,21 > 2,02 sedangkan untuk penguasaan konsep IPA Biologi siswa diperoleh t hitung > t tabel yaitu 5,19 > 2,02. Hal ini berarti bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan penguasaan konsep IPA Biologi siswa/i kelas VII SMP Negeri 19 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Kemampuan memecahkan masalah, Penguasaan konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:16
Last Modified: 30 Apr 2018 01:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item