PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA

HUMAIRA DIRA, UZANI (2022) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Humaira Dira Uzani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan dari modul praktikum virtual berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi asam basa yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu model 4D dari Thiagarajan yang dibatasi oleh 3 tahap yaitu Define, Design, dan Development. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 5 di SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini diambil dalam satu kelas sebagai subjek uji coba produk pengembangan dengan jumlah 33 orang siswa dari kelas XII IPA 5 tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas dari lima orang validator yang diperoleh dengan menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,75 yang menunjukkan bahwa modul praktikum virtual berbasis keterampilan berpikir kritis materi asam basa telah valid dan layak digunakan. Selain itu, praktikalitas dapat diketahui dari respon siswa yang menunjukkan respon positif dengan rata-rata praktikalitas semua komponen modul sebesar 80.75 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum virtual berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi asam basa yang dikembangkan bersifat layak dan praktis sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan, Modul, Praktikum Virtual, berpikir kritis
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Nov 2022 01:13
Last Modified: 29 Nov 2022 01:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33473

Actions (login required)

View Item View Item