PENGELOLAAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

UL, PAH (2022) PENGELOLAAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS_Ulpah_I2K020021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator di BPSDM Daerah Provinsi NTB. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Studi Kasus. Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, kondensasi data, penampilan data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji credibility, Transferability, Dependability, dan confirmability. Hasil penelitian, pertama; Proses perencanaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator di BPSDMD Provinsi NTB meliputi; analisis kebutuhan pelatihan, kepesertaan, tenaga pelatihan, fasilitas dan pendanaan. Kedua; Model Pelaksanaan PKA ada dua yaitu on campus dan Off campus. Kegiatan on campus berlangsung selama 19 hari yaitu dari tanggal 8 Maret – 27 Maret 2021. Kegiatan on campus merupakan proses menyampaikan materi pembelajaran oleh Widyaiswara dengan empat agenda kegiatan. Agenda ke-4: Aktualisasi Kepemimpinan merupakan Kegiatan off campus dengan dua jenis kegiatan, yaitu Studi Lapangan Kinerja Organisasi dan Aksi Perubahan Kinerja Organisasi. ketiga; (1) Evaluasi akhir peserta dengan memberikan pretest dan posttest dalam bentuk kuesioner yang dijawab oleh peserta pelatihan. (2) Evaluasi widyaiswara yang dinilai oleh 32 peserta yang mengisi link evaluasi, dengan hasil 2,94% peserta memilih Cukup Baik, 41,39% peserta memilih Baik, dan 55,67% peserta menyatakan pilihan Sangat Baik. (3) Kepuasan peserta terhadap aspek edukatif dalam kategori baik dengan nilai (84,1), Kepuasan peserta pelatihan terhadap aspek fasilitas kelas kategori baik dengan nilai (84,5), Kepuasan peserta pada Aspek pelayanan terhadap peserta kategori sangat baik dengan nilai (86,75), Kepuasan peserta pada aspek hasil belajar peserta kategori baik dengan nilai rata-rata (83,5)

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Pengelolaan, Pelatihan, Kepemimpinan Administrator
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:29
Last Modified: 30 Nov 2022 00:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33507

Actions (login required)

View Item View Item