MANAJEMEN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGHADAPI DAMPAK PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 TERARA LOMBOK TIMUR

ALFIATMI, LAELATUNNUFUS (2022) MANAJEMEN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGHADAPI DAMPAK PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 TERARA LOMBOK TIMUR. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS_Alfiatmi Laelatunnufus_I2K020003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan di SMAN 1 Terara dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19. Digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus sebagai metode penelitian. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai alat pengumpul data. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dilakukan dengan mengumpulkan informasi dari seluruh warga sekolah dan membagikan angket kebutuhan kepada siswa. Informasi yang didapat dianalisis dan disusun dalam bentuk program apa saja yang dibutuhkan siswa diikuti dengan waktu pelaksanaannya. Kemudian program yang telah tersusun dikonsultasikan dan disahkan oleh kepala sekolah; (2) Tahap pengorganisasian dilakukan dengan pembagian siswa asuh kepada masing-masing guru BK, pembagian tugas dan wewenang, dan penetapan alur layanan BK kepada masing-masing warga sekolah yang terlibat; (3) Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMAN 1 Terara tidak berjalan sepenuhnya sebagaimana perencanaan program yang telah dibuat di awal. Pemberian layanan BK lebih banyak disesuaikan dengan kebutuhan siswa mengikuti asas kekinian sebagai sasaran kegiatan bimbingan dan konseling; (4) kendala yang ditemui yaitu kurangnya jumlah guru bimbingan dan konseling, tidak tersedianya waktu khusus dalam jadwal pelajaran, tidak sampainya informasi yang utuh kepada orang tua/wali siswa dengan penyebaran informasi melalui grup WhatsApp yang telah dibuat, dan adanya persepsi negatif pada siswa tentang BK

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Manajemen; Layanan Bimbingan dan Konseling; Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:29
Last Modified: 30 Nov 2022 00:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33508

Actions (login required)

View Item View Item