HUBUNGAN DIABETES MELITUS DENGAN KEJADIAN KARDIOVASKULAR MAYOR (KKVM) PADA PASIEN OKLUSI TOTAL KRONIS ARTERI KORONER PASCA INTERVENSI KORONER PERKUTAN (IKP) DI RSUD PROVINSI NTB TAHUN 2017-2021

Ni Komang Ayu, Trisnayanti Yasa (2022) HUBUNGAN DIABETES MELITUS DENGAN KEJADIAN KARDIOVASKULAR MAYOR (KKVM) PADA PASIEN OKLUSI TOTAL KRONIS ARTERI KORONER PASCA INTERVENSI KORONER PERKUTAN (IKP) DI RSUD PROVINSI NTB TAHUN 2017-2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI HUBUNGAN DIABETES MELITUS DENGAN KEJADIAN KARDIOVASKULAR MAYOR (KKVM) PADA PASIE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)

Abstract

Latar Belakang: prevalensi dan jumlah kasus DM terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir di seluruh dunia yaitu sekitar 422 juta orang. Padahal sebenarnya DM merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung koroner (PJK) yang telah diketahui dan sering dijumpai, termasuk oklusi total kronis (chronic total occlusion/CTO). CTO didefinisikan sebagai oklusi diameter lumen dengan aliran TIMI (Thrombolysis in Myocardial Infarction) 0, tidak ada perfusi dan aliran melewati oklusi. Pasien CTO dengan riwayat DM menunjukkan angka mortalitas dan kejadian kardiovaskular mayor (KKVM) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan pasien CTO non DM, padahal KKVM berperan penting sebagai penyebab morbiditas dan mortalitas pada pasien PJK setelah mendapat penanganan IKP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan diabetes melitus dengan KKVM pada pasien. Metode: penelitian ini merupakan studi cross-sectional retrospektif dengan menggunakan data rekam medis pasien CTO di RSUD Provinsi NTB tahun 2017-2021. Sampel diambil dengan metode consecutive sampling. Hasil: total subjek penelitian sebanyak 127 orang, dengan 58 mengalami KKVM dan 69 tidak mengalami KKVM. Didapatkan kasus KKVM lebih tinggi pada subjek dengan DM (63.8%) dibandingkan dengan subjek non DM (34.9%). Hasil uji chi-square menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara status DM dengan KKVM secara statistik (P=0.001). Hasil perhitungan prevalence ratio (PR) menujukkan pasien dengan DM berisiko 1.958 kali mengalami KKVM dibandingkan dengan pasien non DM (95% CI 1.371 – 2.795). Kesimpulan: terdapat hubungan yang bermakna antara DM dengan kejadian kardiovaskular mayor (KKVM) pada pasien CTO di RSUD Provinsi NTB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Diabetes Melitus, KKVM, Kejadian Kardiovaskular Mayor, CTO, Oklusi Total Kronis.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:29
Last Modified: 30 Nov 2022 00:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33511

Actions (login required)

View Item View Item