PERBEDAAN KADAR HIGH DENSITY LIPOPROTEIN ANTARA PASIEN PEROKOK DAN PASIEN NON PEROKOK PADA PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RSUD PROVINSI NTB

Latifa Intan, Rahma (2022) PERBEDAAN KADAR HIGH DENSITY LIPOPROTEIN ANTARA PASIEN PEROKOK DAN PASIEN NON PEROKOK PADA PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RSUD PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PERBEDAAN KADAR HIGH DENSITY LIPOPROTEIN ANTARA PASIEN PEROKOK DAN PASIEN NON PEROKOK PADA PENYAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang: Indonesia menduduki peringkat ketiga dengan jumlah perokok terbesar di dunia dan menduduki urutan pertama dengan jumlah perokok terbanyak di antara negara ASEAN. Merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya ialah penyakit jantung koroner (PJK). Pada provinsi Nusa Tenggara Barat, PJK menduduki peringkat kematian tertinggi kedua setelah stroke. Selain merokok, rendahnya kadar High Density Lipoprotein (HDL) pada pasien PJK dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kadar HDL antara pasien perokok dan pasien non perokok pada PJK di RSUD Provinsi NTB. Metode: Penelitian ini termasuk analitik komparatif dengan metode case control. Sampel diperoleh dari pasien PJK yang bersedia mengisi kuesioner serta dari data rekam medis di RSUD Provinsi NTB. Besar sampel penelitian ini berjumlah 46 dengan analisis uji mann whitney. Hasil: Diketahui terdapat adanya perbedaan kadar HDL antara pasien PJK perokok dan non perokok dengan usia p (0,005), jenis kelamin p (0,000), jumlah rokok yang dikonsumsi p (0,000), paparan asap rokok tiap harinya (0,004) dan kopi (0,007). Distribusi kadar HDL dominan rendah baik pada pasien PJK perokok ataupun non perokok (71,7%). Hasil uji statistik menggunakan mann whitney mendapatkan hasil Asymp. Sig (2- failed) sebesar 0,022 (<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima. Dengan deimikian maka dapat dikatakan bahwa ditemukan adanya perbedaan kadar HDL antara pasien perokok dan pasien non perokok dengan PJK. Kesimpulan: Terdapat adanya perbedaan kadar HDL antara pasien perokok dan pasien non perokok terhadap PJK.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): merokok, kadar HDL, usia, jenis kelamin, kopi, PJK
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:30
Last Modified: 30 Nov 2022 00:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33513

Actions (login required)

View Item View Item