HUBUNGAN ANTARA UMUR DENGAN EKSPRESI MIF (MACROPHAGE MIGRATION INHIBITORY FACTOR) PADA PENDERITA LIMFADENITIS TUBERKULOSIS

Nimas, Resti (2022) HUBUNGAN ANTARA UMUR DENGAN EKSPRESI MIF (MACROPHAGE MIGRATION INHIBITORY FACTOR) PADA PENDERITA LIMFADENITIS TUBERKULOSIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang : Prevalensi TB ekstra paru pada tahun 2019 dilaporkan mencapai sekitar 16% dari 7,1 juta kasus kejadian TB di dunia. Di Indonesia dengan insidensi tinggi tuberkulosis, limfadenitis tuberkulosis merupakan kasus tersering dari TB ekstra paru. MIF (Macrophage Migration Inhibitory Factor) merupakan salah satu sitokin yang berperan dalam mempengaruhi ketahanan tubuh pasien limfadenitis TB. Kadar MIF pada setiap tingkatan umur berbeda-beda, mulai dari lahir hingga dewasa. Terdapat perbedaan hasil dari penelitian- penelitian sebelumnya terkait hubungan antara umur dengan ekspresi MIF, beberapa menyatakan keduanya memiliki hubungan, sedangkan yang lainnya menyatakan sebaliknya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara umur dengan ekspresi MIF (Macrophage Migration Inhibitory Factor) pada penderita limfadenitis tuberkulosis. Metode: Desain penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Pemilihan sampel menggunakan consecutive sampling, yang diperoleh dari data rekam medis penderita limfadenitis tuberkulosis di Nusa Tenggara Barat berupa sampel blok parafin. Besar sampel penelitian berjumlah 100 orang dengan analisis statistik menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil: Total subjek penelitian berjumlah 100 orang, 54 sampel perempuan dan 46 sampel laki- laki. Penelitian ini didominasi oleh responden dengan rentang umur 20-60 tahun (74,0%), lalu diikuti oleh rentang umur 11-19 tahun (16,0%). Immunoreactive score yang dominan dalam penelitian ini yaitu IRS 1 (43,0%). Hasil dari uji korelasi spearman didapatkan nilai p= 0.567 dan (r didapat) < r minimal (0,4). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara umur dengan ekspresi MIF (Macrophage Migration Inhibitory Factor) pada penderita limfadenitis tuberkulosis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): MIF (Macrophage Migration Inhibitory Factor), umur, limfadenitis tuberkulosis, immunoreactive score, pewarnaan IHC.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:30
Last Modified: 30 Nov 2022 00:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33518

Actions (login required)

View Item View Item