ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI DAN PEMASARAN BAWANG MERAH DI KECAMATAN SAKRA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Yuliana, Safitri (2022) ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI DAN PEMASARAN BAWANG MERAH DI KECAMATAN SAKRA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL YULIANA SAFITRI.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Pendaptan usahatani bawang merah di Kabupaten Lombok Timur tentunya berbagi faktor salah satunya adalah biaya produksi dan harga serta produksi selain itu faktor pemasaran juga menentukan pendapatan tersebut semakin panjang rantai pemasaran suatu prduksi akan mempengaruhi biaya pemasaran dan harag di tingkat konsumen serta di tingkat produsen oleh karan itu berapakah pendapatan usahatani dan bagaiman pemasaranya. Berdasarakan uraian di atas kaitan antara usahatani bawang merah dan perilaku pemasarannya sangat penting untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga. Menjadi inti dari permasalahan uraian di atas adalah bagaimana pendapatan usahatani dan bagaimana perilaku pasar dalam proses pemasaran bawang merah, sehingga yang menjadi permaslahan dalam Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pendapatan usahatani bawang merahdi Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur? (2) Bagaimana saluran pemasaranbawang merah di Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur ? Sedangkan dalam penelitian ini bertujuan Untuk: (1) Menganalisis pendaptan usahatani bawang merah di Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur. (2) Menganalisis saluran pemasaran bawang merah di Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur. Dalam penelitian ini Metode yang di gunakan yaitu metode deskriftif. Penentuan daerah secara “Purposive Sampling” Penentuan jumlah responden ditentukan secara Quota Sampling, yaitu ditetapakan sebanyak 30 responden petani bawang merah untuk pedagang sebanyak 10 dari dua desa. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini ada 3, yaitu untuk (1) mengetahui pendapatan usahatani mengunakan rumus pendapatan (Pd = TR – TC) dimana TR (Total Revenue), TC (Total Cost), (2) untuk mengetahui saluran pemasran bawang merah. E-ISSN:2798-5385 Agimonison,Vol. X No Y, Bulan 20XX Yuliana Safitri 2 Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pendapatan usahatani bawang merah dengan Jumlah pendaptan usahatni bawang merah sebesar Rp.18.989.259 per luas lahan garapan atau Rp.56.628,009 per Ha. (2) Sedangkan saluran pemasaran bawang merah ada 3 saluran, saluran SP 1: Petan-Pedagang Pengumpul- PedagangPengecer- Konsumen Akhir,SP II: Petani-PedagangPengumpul-Pedagang Besar, SP III : Petani- Pedagang Besar -Konsumen Akhir. Dengan Saran diharapkan kepada petani perlu meningkatkan produktivitas bawang merah dengan menggunakan bibit yang unggul. Sehingga mutu bawang merah meningkat dan dapat bersaing di pasar internasional yang secara langsung dapat mempengaruhi harga bawang mera.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendapatan, Usahatani, Pemasaran, Bawang Merah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Dec 2022 00:54
Last Modified: 02 Dec 2022 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33530

Actions (login required)

View Item View Item