ANALISIS RANTAI PEMASARAN BIJI KAKAO DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA (TAHURA) KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

Peni, Wulandari (2022) ANALISIS RANTAI PEMASARAN BIJI KAKAO DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA (TAHURA) KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Peni Wulandari_Analisis Rantai Pemasaran Biji Kakao di Kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Nuraksa Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat_1122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
J_Peni Wulandari_Analisis Rantai Pemasaran Biji Kakao di Kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Nuraksa Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat_1122.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis rantai pemasaran biji kakao di Kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Kabupaten Lombok Barat. (2) menganalisis efisiensi pemasaran biji kakao di Kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Kabupaten Lombok Barat. (3) mengetahui kendala-kendala pemasaran yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik survei. Penelitian ini dilaksanakan di Kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat secara purposive sampling, dengan tiga desa sampel yaitu Desa Lebah Sempaga, Desa Pakuan dan Desa Buwun Sejati dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat 2 (dua) rantai pemasaran biji kakao di Kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Nuraksa Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat yaitu: (I): Petani – Pedagang Antar Pulau (PAP) dan (II): Petani – Pedagang Pengepul Desa (PPD) – Pedagang Antar Pulau (PAP); (2) Pemasaran Biji Kakao di Kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa, Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat sudah efisien, dari perhitungan share petani dan distribusi keuntungan. Dari sisi margin pemasaran, rantai pemasaran I lebih efisien daripada rantai pemasaran II, sedangkan dari sisi volume penjualan rantai pemasaran I lebih efisien juga daripada rantai pemasaran II.; (3) Kendala yang dihadapi oleh petani dalam memasarkan biji kakao yaitu : modal yang kurang dan cuaca yang tidak menentu, sedangkan kendala pada lembaga pemasaran yaitu : modal yang kurang dan transportasi yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rantai Pemasaran, Biji Kakao
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Dec 2022 00:54
Last Modified: 02 Dec 2022 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33531

Actions (login required)

View Item View Item