Peni, Wulandari (2022) ANALISIS RANTAI PEMASARAN BIJI KAKAO DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA (TAHURA) KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
S_Peni Wulandari_Analisis Rantai Pemasaran Biji Kakao di Kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Nuraksa Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat_1122.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
J_Peni Wulandari_Analisis Rantai Pemasaran Biji Kakao di Kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Nuraksa Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat_1122.pdf Download (370kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis rantai pemasaran biji kakao di Kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Kabupaten Lombok Barat. (2) menganalisis efisiensi pemasaran biji kakao di Kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Kabupaten Lombok Barat. (3) mengetahui kendala-kendala pemasaran yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik survei. Penelitian ini dilaksanakan di Kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat secara purposive sampling, dengan tiga desa sampel yaitu Desa Lebah Sempaga, Desa Pakuan dan Desa Buwun Sejati dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat 2 (dua) rantai pemasaran biji kakao di Kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Nuraksa Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat yaitu: (I): Petani – Pedagang Antar Pulau (PAP) dan (II): Petani – Pedagang Pengepul Desa (PPD) – Pedagang Antar Pulau (PAP); (2) Pemasaran Biji Kakao di Kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa, Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat sudah efisien, dari perhitungan share petani dan distribusi keuntungan. Dari sisi margin pemasaran, rantai pemasaran I lebih efisien daripada rantai pemasaran II, sedangkan dari sisi volume penjualan rantai pemasaran I lebih efisien juga daripada rantai pemasaran II.; (3) Kendala yang dihadapi oleh petani dalam memasarkan biji kakao yaitu : modal yang kurang dan cuaca yang tidak menentu, sedangkan kendala pada lembaga pemasaran yaitu : modal yang kurang dan transportasi yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Rantai Pemasaran, Biji Kakao |
Subjects: | S Agriculture > SB Plant culture |
Divisions: | Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 00:54 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 00:54 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33531 |
Actions (login required)
View Item |