Diah Endang, Puspitarini (2022) ANALISIS PEMASARAN KOPI DI DESA KARANG SIDEMEN KECAMATAN BATUKLIANG UTARA UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
S_Diah Endang Puspitarini_Analisis Pemasaran Kopi di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah_1122.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
J_Diah Endang Puspitarini_Analisis Pemasaran Kopi di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah_1122.pdf Download (295kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis saluran pemasaran kopi di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah; 2) Menganalisis efisiensi pemasaran kopi di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah; 3) Mengetahui kendala-kendala yang di hadapi pelaku pemasaran dalam pemasaran kopi di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, Unit analisis dalam penelitian ini adalah produsen dan lembaga pemasaran kopi di Desa Karang Sidemen. Penentuan lokasi penelitian ditetapkan dengan menggunakan metode “ purposive sampling “ dengan pertimbangan bahwa Desa Karang Sidemen memiliki area perkebunan kopi yang paling luas dan produksinya paling tinggi . Penentuan jumlah petani responden di tetapkan secara quota sampling yaitu sebanyak 30 orang dari 3 kelompok . penetapan 3 kelompok ditentukan secara purposive sampling dengan mengambil kelompok yang paling aktif dan mudah di jangkau. Kemudian penentuan responden lembaga pemasaran dilakukan dengan secara snowball sampling sehingga ditemukan 17 lembaga pemasaran. jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat 4 (empat) saluran pemasaran kopi di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah yaitu : (I): petani ⟶ konsumen (II) : Petani ⟶ pedagang pengecer ⟶ konsumen (III): Petani ⟶ pedagang besar ⟶ pedagang pengecer ⟶ konsumen (IV) : Petani ⟶ pedagang pengepul ⟶ pedagang besar ⟶ pedagang pengecer ⟶ konsumen; (2) Pemasaran kopi di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah yang paling efisien (a) Berdasarkan margin pemasaran : SP I. (b) Berdasarkan Share Petani :SP I, SP II, SP III, SP IV. (c) Berdasarkan Distribusi Keuntungan : SP II , SP III. (d) Berdasarkan Volume Penjualan : SP IV, SP III, SP II, SP I. (3) Kendala – kendala pemasaran yang dihadapi oleh petani yaitu kendala utama adalah modal kemudian diikuti infrastruktur jalan. sedangkan kendala yang dihadapi lembaga pemasaran yang utama adalah permintaan konsumen, kemudian diikuti kendala modal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran dan Biji Kopi |
Subjects: | S Agriculture > SB Plant culture |
Divisions: | Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 00:55 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 00:55 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33532 |
Actions (login required)
View Item |