ANALISIS BUKU SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III TEMA I PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP ASPEK BAHASA, PENYAJIAN, DAN TAMPILAN

MURNI, ATI (2022) ANALISIS BUKU SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III TEMA I PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP ASPEK BAHASA, PENYAJIAN, DAN TAMPILAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MURNIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas buku siswa sekolah dasar kelas III tema I aspek bahasa, penyajian dan tampilan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode dokumentasi dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian ini adalah buku siswa kelas III tema I pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup edisi revisi 2018 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Analisis buku teks meliputi aspek bahasa, penyajian, dan tampilan sesuai dengan pedoman yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Dari aspek bahasa, kategori buku tersebut kurang baik, dapat dilihat pada indikator kesesuian dengan peserta didik mendapat kategori kurang baik, dan pada indikator kesesuaian dengan kaidah bahasa Indonesia, yakni ketepatan ejaan mendapat kategori kurang tepat dan indikator kebakuan kata mendapat kategori baik. 2) Dari aspek penyajian mendapat kategori kurang baik, dapat dilihat pada teknik penyajian yang meliputi indikator memiliki konsistensi sitematika penyajian mendapat kategori kurang baik, indikator memiliki keruntutan konsep mendapat kategori baik, indikator memiliki keseimbangan antarbab (subtema) mendapat kategori kurang baik, sedangkan pada indikator kelengkapan penyajian, yakni bagian pendahuluan mendapat kategori tidak baik, Bagian isi mendapat kategori baik, dan bagian penutup mendapat kategori tidak baik. Dan 3) Dari aspek tampilan mendapat kategori baik, dapat dilihat pada indikator ukuran buku, ukuran huruf dan jenis huruf mendapat baik, dan indikator penggunaan ilustrasi mendapat kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Buku Siswa, Bahasa, Penyajian, Tampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:37
Last Modified: 06 Dec 2022 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33618

Actions (login required)

View Item View Item