PERAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PEMASARAN AGROINDUSTRI MINUMAN SEHAT TRADISIONAL BERBASIS KUNYIT DI KECAMATAN GERUNG

Ary Purnama, Islam (2022) PERAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PEMASARAN AGROINDUSTRI MINUMAN SEHAT TRADISIONAL BERBASIS KUNYIT DI KECAMATAN GERUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ACC_SKRIPSI_Ary Purnama Islam_C1G018011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_Ary Purnama Islam.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui peran teknologi informasi pada pemasaran agroindustri minuman tradisional berbasis kunyit di Kecamatan Gerung; (2). Untuk mengetahui manfaat-manfaat yang di peroleh ketika menggunakan teknologi informasi sebagai media pemasaran; dan (3). Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang di alami pelaku usaha saat menggunakan teknologi informasi dalam pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu metode yang tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada saat sekarang, dengan mengumpulkan data, menyusun, menganalisis, menjelaskan, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini berlokasi di Kabupaten Lombok Barat Khususnya di Kecamatan Gerung atas pertimbangan produktivitas, serta jarak lokasi UMKM dari kediaman penulis untuk mengurangi resiko berpergian ke berbagai tempat sesuai prosedur kesehatan. Penentuan responden dalam penelitian ini dilakukann dengan cara sensus terhadap pengusaha agroindustri minuman sehat tradisional berbasis kunyit dengan total pengusaha 20 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Diantara beberapa jenis teknologi informasi yang ada, yang paling berperan pada pemasaran agroindustri minuman sehat tradisional berbasis kunyit di Kecamatan Gerung adalah Handphone dengan aplikasi Whatsapp yaitu dengan jumlah pengguna 20 dari 20 orang responden (100%) dengan rata-rata jumlah penjualan 253 botol dalam kurun waktu satu minggu; (2). Manfaat-manfaat yang paling banyak di rasakan oleh responden dalam menggunakan teknologi informasi sebagai media pemasaran agroindustri berbasis kunyit di Kecamatan Gerung adalah Lebih banyak pembeli dan pesanan dengan rata-rata 7 dari 20 orang responden (35%) yang memperoleh manfaat tersebut; (3). Hambatan- hambatan yang paling banyak dan sering dialami responden adalah kesalahan pada saat pengiriman (waktu pengiriman, kemasan yang rusak saat pengiriman, dll) dengan jumlah 12 dari 20 orang responden (60%) yang mengalaminya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran Teknologi Informasi, Pemasaran Agroindustri, Minuman Tradisional Berbasis Kunyit.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:37
Last Modified: 06 Dec 2022 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33621

Actions (login required)

View Item View Item