ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SAPE TAHUN AJARAN 2021/2022

NURA, TIKAH (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SAPE TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURATIKAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran. Dalam penerapannya, satu pembelajaran pada tema yang dibahas dialokasikan untuk 1 hari. Namun pada masa pandemi dengan keterbatasan waktu, hal tersebut terkadang sulit dilaksanakan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran tematik pada masa pandemi covid-19 serta kendala dan upaya yang dilakukan. Subjek penelitian yaitu guru kelas IVA, guru kelas IVB, kepala sekolah dan siswa kelas IV SDN 2 Sape. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferability, dependability dan konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa pandemi covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka dengan dengan waktu pelaksanaan 2 jam/hari. Pada tahap perencanaan, belum dilakukan penetapan jaringan tema. Tahap pelaksanaan, guru sudah melaksanakan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Tahap evaluasi/penilaian tetap mengacu pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kendala yang terjadi guru masih sulit menentukan dan menjabarkan metode pembelajaran aktif/kooperatif dalam langkah-langkah pembelajaran, siswa banyak yang tidak hadir dan kurang memperhatikan saat pembelajaran berlangsung, kebijakan pelaksanaan pembelajaran yang berubah-ubah serta waktu pelaksanaan yang terbatas. Upaya yang dilakukan yaitu diskusi sesama guru, aktif mengikuti pelatihan, memberikan materi tambahan melalui whatsapp, memberikan PR tiap pertemuan dan mengevaluasi kembali pada saat pengumpulan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik yang dilaksanakan selama pandemi covid-19 pada siswa kelas IV SDN 2 Sape sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran tematik, pandemi covid-19, SDN 2 Sape
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:38
Last Modified: 06 Dec 2022 03:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33629

Actions (login required)

View Item View Item