ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II DI MI RAUDATUL JANNAH AL MA’ARIF TAHUN AJARAN 2021/2022

BAIQ ANGGRENI, IHSANDA (2022) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II DI MI RAUDATUL JANNAH AL MA’ARIF TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BQ....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan membaca merupakan sesuatu yang vital dalam suatu masyarakat terpelajar, karena aktivitas belajar pada anak dimulai dari bagaimana individu membaca, dan proses membaca buku akan sangat dipentingkan bagi anak untuk kehidupan mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas II dalam membaca permulaan di MI Raudatul Jannah Al Ma‟arif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II di MI Raudatul Jannah Al Ma‟arif yang berjumlah 19 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis non statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan 4 dari 19 siswa mengalami kesulitan membaca permulaan jenis kesulitan yang dialami oleh siswa tersebut di antaranya, kesulitan dalam membaca huruf vokal, huruf konsonan, suku kata, kata, dan kalimat atau paragraf. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Salah satu Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara mengadakan bimbingan membaca di rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesulitan, Membaca permulaan, Siswa MI Raudatul Jannah Al Ma‟arif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:23
Last Modified: 07 Dec 2022 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33636

Actions (login required)

View Item View Item