ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI MINUMAN KOPI PADA KEDAI KOPI DI KECAMATAN SUMBAWA KABUPATEN SUMBAWA

Tri Suci, Nursyifa (2022) ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI MINUMAN KOPI PADA KEDAI KOPI DI KECAMATAN SUMBAWA KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FIX SKRIPSI Tri Suci Nursyifa Fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi (1).pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan rumusan masalah: (1) Berapakah besar nilai tambah usaha kedai kopi di Kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa? (2) Bagaimana strategi pemasaran dari usaha kedai kopi di Kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa? (3) Apa saja kendala- kendala yang dihadapi dalam usaha kedai kopi di Kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa. Unit analisis yang digunakan adalah agroindustri kedai kopi di Kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa. Penentuan jumlah responden dilakukan dengan metode Quota sampling yaitu sebanyak 15 responden kedai kopi. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan metode hayami, dan marketing mix. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Nilai tambah pengolahan minuman espresso diperoleh nilai tambah sebesar Rp. 194.900/kg bahan baku dengan rasio nilai tambah sebesar 32,48% dan tingkat keuntungan sebesar 12,60%) dan pengolahan minuman cappucino diperoleh nilai tambah sebesar Rp. 98.841/kg bahan baku dengan rasio nilai tambah sebesar 10,63% dan tingkat keuntungan sebesar 1,00%). (2) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh kedai kopi untuk minuman espresso dan cappucino adalah rata rata memiliki harga dan lokasi berjualan yang bervariasi untuk menarik segala kalangan konsumen. Untuk promosi nya produsen kedai kopi melakukan promosi dari mulut ke mulut atau personal selling dan kerap melakukan promosi di media sosial. Kedai kopi memiliki branding (merek) yang cukup kuat tentang produk dan fasilitas yang diberikan sehingga dengan cita rasa dan suasana yang diberikan telah mampu memberikan keuntungan dan nilai tambah yang cukup tinggi guna bersaing dengan kedai kopi lainnya. Harga untuk minuman kopi baik espresso maupun cappucino sendiri diperuntukan untuk semua kalangan sehingga produsen menentukan harga yang dimana bisa diraih untuk segala kalangan. Untuk tempat, seluruh responden kedai kopi berjualan di tempat yang strategis yaitu agar mudah dijangkau konsumen. (3) Faktor-faktor penghambat yang dihadapi agroindustri kedai kopi di Kecamatan Sumbawa yaitu masih kurangnya tenaga kerja yang memiliki basic atau dasar kemampuan sebagai barista atau pembuat minuman kopi sehingga penambahan tenaga kerja masih sulit dilakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Tambah, Strategi Pemasaran, Kedai Kopi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:56
Last Modified: 08 Dec 2022 01:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33637

Actions (login required)

View Item View Item