ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP DAN MISKONSEPSI KEANEKARAGAMAN HAYATI PADA SISWA SMAN DI PRAYA

PEMY RIA, SUCIANI (2022) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP DAN MISKONSEPSI KEANEKARAGAMAN HAYATI PADA SISWA SMAN DI PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PEMI RIA SUCIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi tingkat pemahaman siswa SMAN di Praya terhadap konsep keanekaragaman hayati: (2) mengidentifikasi tingkat miskonsepsi siswa terhadap konsep keanekaragaman hayati: (3) menganalisis perbedaan tingkat miskonsepsi antar sekolah di Praya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas x (sepuluh) MIPA SMAN di Praya dengan total sampel berjumlah 119 siswa yang terdiri dari 45 siswa laki-laki dan 74 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda yang sudah dilengkapi dengan teknik modifikasi CRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase siswa paham konsep tergolong dalam kategori rendah yaitu sebesar 40% (47 orang) (2) persentase tingkat miskonsepsi tergolong dalam kategori rendah yaitu sebesar 31% (37 orang) dan persentase siswa yang tidak paham konsep tergolong dalam kategori rendah yaitu sebesar 28% (35 orang) (3) persentase tiap sekolah menunjukkan perbedaan yang signifikan yaitu berkisar pada kriteria sangat rendah hingga sedang. Miskonsepsi yang dialami siswa pada konsep keanekaragaman hayati terjadi pada seluruh subkonsep dengan rata-rata persentase berkisar pada rentan 26-39%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Miskonsepsi, Modifikasi Certainty of Response Index (CRI)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Dec 2022 03:14
Last Modified: 08 Dec 2022 03:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33650

Actions (login required)

View Item View Item