PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS CERITA RAKYAT LOMBOK BATU GOLOG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SDN KUMBAK

YENI, HARTATI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS CERITA RAKYAT LOMBOK BATU GOLOG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SDN KUMBAK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-YENI HARTATI- E1E018149-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik adalah keterampilan membaca lanjutan atau membaca pemahaman yang dapat menunjang peserta didik berhasil dalam proses pembelajaran. Pengembangan media yang dapat memberikan pengalaman belajar yang baru dan menyenangkan kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran salah satunya dapat berupa big book yang dapat digunakan secara bersama- sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kevalidan media dan mengetahui media big book berbasis cerita rakyat Lombok Batu Golog dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Kumbak. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development. Implementation, Evaluation). Subjek uji coba penelitian yakni peserta didik kelas IV di SDN Kumbak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media big book berbasis cerita rakyat Lombok Batu Golog memperolehan skor validasi dari ahli materi sebesar 93%, ahli media 82%, respon peserta didik 88%, dan skor N-gain keterampilan membaca pemahaman siswa yakni 0,49. Berdasarkan skor yang diperoleh dapat dikatakan bahwa media big book berbasis cerita rakyat Lombok Batu Golog “Sangat Layak” digunakan dan mampu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kumbak dengan kategori “Sedang”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Big Book, Cerita Rakyat, Batu Golog, Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Dec 2022 06:36
Last Modified: 08 Dec 2022 06:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33658

Actions (login required)

View Item View Item