ASNI, WATI (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI ERA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi _ASNIWATI _E1M017005.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa kelas XI IPA dalam pembelajaran kimia secara daring di MAN 1 Gerung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 49 siswa yang terdiri dari 24 siswa dari XI IPA 1 dan 25 siswa dari XI IPA 2. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen angket yang disebarkan kepada siswa kelas XI IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan belajar siswa paling tinggi terdapat pada indikator proses pelaksanaan pembelajaran (70%). Indikator ini ditunjukkan pada tingkat partisipasi siswa dan penugasan. Selanjutnya, kesulitan belajar siswa pada indikator kendala eksternal (66%). kesulitan pada indikator ini yaitu dukungan dari sekolah dan dukungan keluarga. Sedangkan pada indikator kendala teknis termasuk kategori sedang (58%) yang ditunjukkan dengan kesulitan pada tersedianya fasilitas belajar dan dalam kemampuan siswa menggunakan aplikasi pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar siswa dengan sistem pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran kimia di era pandemi covid-19 paling tinggi terdapat pada proses pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | kesulitan belajar, pembelajaran daring, pembelajaran kimia |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 03:35 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 03:35 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33676 |
Actions (login required)
View Item |