ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 AMPENAN PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TAHUN AJARAN 2022/2023

NUR FEBRIANI, ALWI (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 AMPENAN PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NUR FEBRIANI ALWI E1E217128.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi telah dilaksananakannya pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada proses pembalajaran tatap muka terbatas di Sekolah Dasar Negeri 1 Ampenan. kesulitan tersebut terdiri atas kendala, faktor penyebab, dan strategi yang digunakan siswa dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi selama porses pembelajaran tatap muka terbatas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif naratif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, Observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Milles dan Huberman yaitu, Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian: 1) Kesulitan yang dihadapi oleh siswa antara lain; a) Siswa kesulitan dalam menerima matateri pembelajaran pada pembelajaran tatap muka. b) terbatasnya waktu pada proses pembelajaran. c) Tempat duduk siswa pada proses pembelajaran. 2). Faktor penyebab dari kendala yang dihadapi oleh siswa sebagai berikut: a) keterbatasan waktu pada proses pembelajaran. b) Media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang. 3). Srategi dalam mengatasi kendala yang dihadapi oleh siswa sebagai berikut.: a) Mengoptimalkan waktu yang ada. b) mencari materi tambahan di internet. Berdasarkan hal tersebut tidak begitu banyak kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran tatap muka terbatas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran tatap muka, siswa, Sekolah Dasar Negeri 1 Ampenan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:35
Last Modified: 09 Dec 2022 03:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33678

Actions (login required)

View Item View Item