Stereotip Kecantikan Karyawan Perempuan Perbankan Cabang Selong Kabupaten Lombok Timur

Miatul S, Rafika and Wijayanti, Ika and Rahmawati, Ratih (2022) Stereotip Kecantikan Karyawan Perempuan Perbankan Cabang Selong Kabupaten Lombok Timur. Prosiding Seminar Nasional Sosiologi, 3. pp. 21-32. ISSN 2775-9121

[img]
Preview
Text
Stereotip Kecantikan Karyawan Perempuan Perbankan Cabang Selong Kabupaten Lombok Timur.pdf

Download (444kB) | Preview
Official URL: http://sensosio.unram.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas stereotip kecantikan karyawan bank perempuan. Penelitian ini dilakukan di Perbankan Cabang Selong Kabupaten Lombok Timur dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku yang diamati terkait dengan topik tersebut. Informan penelitian berasal dari karyawan bank perempuan, nasabah dan supervisor perusahaan. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan adalah teori feminism kapitalis Marxis. Hasil penelitian menujunjukkan stereotip karyawan bank di Cabang Selong, seperti karyawan perempuan cenderung dianggap memiliki paras cantik, rapi, dan berpenampilan menarik, memiliki sikap sopan, baik, ramah dan bersahabat. Dari anggapan tersebut menimbulkan makna kecantikan bagi karyawan perempuan seperti, dengan memiliki kulit putih dan menggunakan barang branded karyawan perempuan merasa lebih percaya diri saat bekerja. Hal tersebut membuat karyawan perempuan di perbankan Cabang Selong melakukan perawatan kecantikan ke salon, klinik kecantikan, dan perawatan ke dokter untuk menjaga penampilan saat bekerja dan berbelanja ke mall ataupun secara online untuk mendapatkan barang branded. Selain itu, penampilan yang rapi serta menarik sebagai daya tarik mendapatkan nasabah, nasabah cerderung merasa lebih nyaman saat dilayani oleh karyawan perempuan yang menarik, rapi, wangi, dan bersahabat. Perusahaan perbankan merupakan salah satu dari banyaknya industri yang mempekerjakan perempuan. Terjadi komodifikasi terhadap sikap dan penampilan yang harus ditampilkan saat berada di hadapan nasabah, seperti bentuk tubuh karyawan bank harus proporsional, cara berjalan, cara merias diri, cara berpakaian, aksesoris, sudah memiliki aturan dalam bekerja.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Stereotip, Kecantikan, Karyawan Perempuan, Perbankan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Seminar Nasional Sosiologi
Date Deposited: 12 Dec 2022 00:42
Last Modified: 12 Dec 2022 00:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33696

Actions (login required)

View Item View Item